Ini Dia Manfaat Tersembunyi Kulit Buah Delima


Pertanianku – Buah delima (Pomegranate) sebenarnya bukan buah asli Indonesia. Namun, keberadaan buah ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Seperti yang kita tahu, buah yang dimakan bijinya ini berwarna merah menggoda. Buah delima juga terkenal memiliki banyak manfaat jika rutin dikonsumsi.

Biasanya seseorang akan mengonsumsi buah delima secara langsung dalam keadaan segar. Sebelum dikonsumsi, buah delima harus dikupas kulitnya terlebih dahulu. Dan setelah mengupasnya, Anda pasti akan langsung membuang kulitnya bukan?! Namun, tahukah Anda ternyata kulit buah delima menyimpan manfaat yang sangat luar biasa.

Sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky menemukan bahwa kulit delima bersifat anti-oksidan dan anti-inflamasi sehingga memiliki manfaat super sehat.

Berikut ini beberapa manfaat tersembunyi pada kulit buah delima.

Mengurangi risiko kanker

Tingginya zat anti-oksidan di dalam kulit delima bisa mencegah risiko kanker, terutama kanker kulit.

Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat sehat paling penting dari kulit delima adalah membantu memerangi penyakit jantung. Sebab, kandungan zat anti-oksidan dalam kulit delima mampu menghilangkan efek buruk radikal bebas dan melindungi jantung.

Mendukung kesehatan mulut

Anda sering terganggu dengan bau mulut? Anda bisa menyingkirkannya dengan menggosok kulit delima di gigi yang kemudian bisa bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut serta mencegah peradangan di gusi.

Menguatkan tulang

Kulit delima mengandung antibakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang, terutama pada wanita yang telah menopause.

Mengobati batuk dan sakit tenggorokan

Kulit delima yang dikeringkan menjadi bubuk adalah obat alami untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk kering. Caranya adalah berkumurlah dengan bubuk kulit delima yang sudah dicampur dengan air hangat. Zat alami di dalamnya bermanfaat untuk mengobati infeksi tenggorokan.

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan

Melawan penuaan dini

Anda ingin terhindar dari penuaan dini? Kulit delima mampu mewujudkannya. Sebab, kulit delima kaya akan kolagen yang mampu mempromosikan pertumbuhan sel kulit.

Detoksifikasi

Kulit delima mampu bertindak sebagai agen detoksifikasi yang luar biasa dan bermanfaat untuk menghilangkan akumulasi racun dalam tubuh.

Memerangi jerawat

Anda sering terganggu akibat jerawat? Cobalah untuk memakai masker dari bubuk kulit delima yang dicampur dengan air mawar. Sifat anti-oksidan di dalamnya melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

loading...
loading...