Ini Dia Manfaat Tersembunyi yang Dimiliki Buah Naga


Pertanianku – Buah yang satu ini memang beberapa tahun terakhir menjadi populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, buah naga menjadi salah satu komoditas yang tingkat permintaannya semakin tinggi di pasaran.

Foto: pixabay

Buah naga sendiri dipercaya memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Cara orang menikmati buah naga pasti berbeda-beda. Ada yang dikonsumsi langsung, dijus, ataupun sebagai campuran sup buah yang memang sangat menyegarkan.

Warna daging buah naga sendiri cukup bervariasi, yakni merah, putih, dan kuning.

Buah naga ini mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Dan, itu belum semuanya.

Jika Anda rajin mengonsumsi buah naga setiap hari, beragam manfaat bisa Anda dapatkan demi menunjang kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Yuk, simak penjelasan berikut.

Menjaga kesehatan jantung

Buah ini memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol yang baik. Buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan dapat membantu jantung tetap dalam kondisi prima.

Menjaga sistem pencernaan

Untuk membersihkan sistem pencernaan, makan buah naga adalah salah satu cara efektif. Buah ini memiliki kandungan serat tinggi, komponen yang dibutuhkan pencernaan. Mengonsumsi daging dan biji-bijinya, yang mengandung protein, akan menjaga tubuh tetap sehat.

Mengandung anti-oksidan aktif

Untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat penyebab kanker, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung anti-oksidan. Sumber anti-oksidan terbaik adalah buah-buahan dan sayur, dan buah naga memiliki anti-oksidan cukup tinggi.

Baik untuk penderita diabetes

Jumlah serat yang tinggi pada buah naga dapat melawan diabetes karena dapat menstabilkan kadar gula darah dengan menekan lonjakan glukosa setalah makan. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter untuk memastikan ini adalah makanan yang baik untuk Anda.

Baca Juga:  Sarapan dengan Makanan Rendah Kalori, Apa Sajakah Itu?

Mengurangi tanda penuaan

Mengonsumsi buah naga dengan anti-oksidannya yang kaya bisa menjaga kulit tetap kencang dan muda. Anda bahkan bisa membuat masker wajah dengan menggunakan buah yang dikombinasikan dengan madu sebagai alternatif alami untuk masker antipenuaan.

Mengobati radang sendi

Arthritis atau radang sendi secara langsung memengaruhi sendi dan menyebabkan nyeri dan kesulitan bergerak. Buah naga juga memiliki zat anti-inflamasi yang bisa mengurangi keparahan nyeri arthritis.

Menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari

Kombinasi buah naga dengan jus mentimun dan madu, membantu menenangkan kulit yang terbakar matahari. Vitamin B3 pada buah naga bisa melembapkan kulit yang terbakar matahari dan melepaskan panas dari daerah yang terkena.

Menghalau jerawat

Buah naga kaya akan vitamin C, buah ini menjadi salep tropikal yang hebat. Potonglah sebuah buah naga lalu oleskan ke daerah yang memerah pada wajah atau kulit Anda, lalu bilas dengan air. Untuk hasil terbaik, gunakan dua kali sehari.

Bagaimana, masih tidak tertarik untuk mengonsumsi buah naga? Segera masukkan buah naga ke daftar menu harian Anda ya!

loading...
loading...