Ini Dia Prospek Jalankan Usaha Lima Tanaman Perkebunan Fantastis

Pertanianku – Menjalankan usaha di sektor perkebunan memang menjadi salah satu pilihan efektif. Terlebih lagi dapat meraup pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Meski begitu, untuk memulai bisnis tersebut Anda perlu memikirkan tanaman perkebunan jenis apa saja yang mampu menghasilkan untung berlimpah ketika panen.

Jika Anda tertarik untuk menggelutinya, berikut ini beberapa jenis tanaman perkebunan yang memiliki profit tinggi.

Kopi

Semakin banyaknya pecinta hidangan berbahan dasar kopi, membuatnya menjadi salah satu komoditas yang kerap dicari. Tak heran jika pemilihan tanaman kopi sebagai tanaman perkebunan merupakan hal yang tepat.

Tebu

Asal mula tanaman tebu sampai saat ini belum dapat dipastikan. Namun, sebagian besar para ahli menyatakan bahwa tanaman ini berasal dari Papua Nugini. Karena merupakan salah satu bahan baku pembuatan gula, tak pelak membuat tebu menjadi salah satu tanaman perkebunan yang berprospek cerah.

Karet

Tanaman karet adalah tanaman perkebunan tahunan. Tanaman karet pertama di Indonesia ditanam di Kebun Raya Bogor. Indonesia pernah menguasai produksi karet dunia, tetapi saat ini posisi Indonesia didesak oleh dua negara tetangga, yaitu Malaysia dan Thailand. Jutaan ton karet per tahun masih dibutuhkan sebagai bahan penting bagi beberapa industri termasuk otomotif dan militer.

Tembakau

Tembakau adalah produk pertanian semusim. Produk ini dikonsumsi bukan untuk makanan, melainkan sebagai pengisi waktu luang atau hiburan, yaitu sebagai bahan baku rokok dan cerutu. Tembakau juga dapat dikunyah. Kandungan metabolit sekunder yang kaya juga membuatnya bermanfaat sebagai pestisida dan bahan baku obat.

Kelapa sawit

Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penghasil minyak seperti minyak untuk masak, minyak untuk industri, ataupun untuk bahan bakar biodiesel. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia, yang penyebarannya meliputi daerah Aceh, pantai timur Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

loading...
loading...