Ini Dia Tanaman Buah Unik juga Enak


Pertanianku — Pernahkah Anda menemui tanaman buah unik tapi juga memiliki rasa yang enak? Ya, yang terbayang ketika kita mendengar kata buah pastilah buah-buahan yang sering kita temui seperti melon, pisang, semangka, apel, jeruk, dan buah-buah lainnya.

Ini Dia Tanaman Buah Unik juga Enak
Foto: Google Image

Namun mengapa Anda tidak mencoba buah-buahan berikut ini? Selain karena unik, tanaman buah berikut ini memiliki rasa yang enak. Anda dapat menjadikan ini sebagai referensi bagi Anda yang berminat menanam tanaman buah di pekarangan rumah. Lalu, apa saja tanaman buah yang enak dan unik?

  1. Tanaman buah jambu bira papua

Jambu bira merupakan varian spesies jambu air. Nama lainnya adalah jambu irian. Pohon jambu bira sendiri apabila berbuah akan menghasilkan buah yang lebat, merah-merah, dan ukurannya lebih kecil dari jambu air. Meski lebih kecil, satu pohon dapat menghasilkan ratusan buah. Untuk rasanya, jambu irian ini masam manis.

  1. Tanaman buah nangka merah

Nangka berwarna kuning sudah biasa. Lalu, bagaimana dengan nangka merah? Apabila dilihat dari luar, tak ada yang spesial dari buah nangka ini. Keistimewaannya baru terlihat setelah nangka ini dibelah, akan tampak buah berwarna oranye kemerahan yang menggoda. Meski warna buahnya tidak betul-betul merah, menanam nangka merah patut dicoba bagi Anda yang ingin menikmati buah yang beda dan eksotis.

  1. Tanaman buah tambili/kelapa madu srilanka

Tanaman buah unik dan enak berikutnya adalah tambili, alias kelapa madu srilanka. Dari namanya, mungkin Anda bisa menduga apa yang spesial dari kelapa ini. Betul, ia memiliki cita rasa manis. Air kelapa madu srilanka dapat diminum langsung tanpa menambah gula lagi. Daging buahnya pun empuk dan lembut.

  1. Tanaman buah genitri/ganitri
Baca Juga:  Cara Menanam Tomat Beef Secara Hidroponik

Genitri, ganitri, atau janitri, mungkin bukan buah konsumsi. Bukan dagingnya yang dicari dari buah ini, yang paling menarik dari buah genitri adalah bijinya. Apabila Anda beruntung, Anda bisa saja menjual satu biji genitri dengan harga tinggi. Mengapa demikian?

Ini karena biji genitri memiliki lekukan yang disebut mukis atau mukhi. Semakin banyak lekukannya, semakin mahal harga biji tersebut. Ukurannya sendiri terbagi menjadi 11 jenis dengan kelas-kelas tertentu. Semakin kecil, semakin mahal juga harganya.

Alasan lain mengapa biji genitri dicari orang adalah karena dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Disebut bahwa biji genitri memiliki kandungan elektromagnet, yang akan memancarkan radiasi positif bila bersentuhan dengan kulit. Tak heran, biji genitri dijadikan sebagai kalung atau gelang oleh praktisi yoga ataupun umat Hindu India.

  1. Tanaman buah kacang es krim

Bicara soal tanaman buah yang tumbuh cepat dan tahan kering, sedikit yang mampu menandingi tanaman unik satu ini. Nama tanaman ini adalah kacang es krim. Dilihat dari luar sekilas ia terlihat seperti kacang polong, bahkan sebagian orang salah mengiranya sebagai sebangsa petai. Namun apabila dibuka dan dicicip dagingnya, buah ini memiliki rasa manis layaknya es krim vanilla.