Ini Langkah Mentan Buat Generasi Muda Tertarik dengan Pertanian


Pertanianku – Minimnya petani muda membuat Menteri Pertanian RI (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengerahkan generasi muda di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan). Hal itu dilakukan untuk mewujudkan impian Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 mendatang.

Untuk merealisasikannya, Menteri Amran membidik generasi muda sebagai pelaku terpenting.

“Sekarang sudah ada 100 atau 200 ribu pemuda tani yang turun dan akan mengajak mereka gunakan teknologi agar tertarik,” jelas Mentan, baru-baru ini melansir Republika (19/7).

Mentan optimis dan meyakini hal itu bisa berhasil membuat generasi muda tertarik untuk berkiprah di bidang pertanian. Selama, kata dia, generasi muda diberikan ruang dan menurutnya pasti akan ada yang berkontribusi termasuk sekitar 200 ribu pemuda tani tersebut.

Dia menyebut akan melakukan pelatihan terhadap generasi muda di lingkup Kementerian Pertanian yang berusia 40 tahun ke bawah. “Kami ingin memberikan motivasi agar kinerjanya bisa meningkat daripada sebelumnya,” tambahnya.

Lebih lanjut Mentan mengungkapkan bahwa sumber daya manusia (SDM) sangat strategis dan penting jika bisa dilatih, khususnya di bidang pertanian. Dia optimistis Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia yang juga merupakan mimpi besar saat ini.

Bahkan, bukan hanya fokus mengembangkan teknologi, Kementan juga mengumpulkan para pakar, profesor, doktor, dan praktisi lainnya. “Semua kita kumpulkan bukunya sudah jadi untuk membuat Indonesia menjadi lumbung pangan sampai 2045. Tinggal nanti kita serahkan dari generasi ke generasi sampai 30 tahun ke depan dan menjadi panduan,” tutup Menteri Amran.

Baca Juga:  Pemerintah Siap Luncurkan Program Hutan Sosial, Apa Ya Fungsinya?
loading...
loading...