Ini Para Peraih Penghargaan CropLife Agriwarta Awards 2018


Pertanianku — Selasa, 6 Maret 2018, CropLife Indonesia mengumumkan para peraih penghargaan CropLife Agriwarta Awards 2018 di Hotel Aston, Jakarta Selatan.

Para peraih penghargaan CropLife Agriwarta Awards
Foto: doc. Pertanianku

Seperti kita ketahui, pertanian merupakan pokok utama dalam siklus hidup manusia. Mengingat saat ini populasi manusia terus meningkat, maka produksi pertanian harus ditingkatkan pula. Akan tetapi, hal itu tidak bisa tercapai jika para petani tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang pertanian.

Pada kenyataannya, kondisi pertanian saat ini menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan tentang praktik pertanian yang baik dan penggunaan pestisida yang baik masih menjadi permasalahan.

Karena itu, CropLife Indonesia merasa terdorong untuk memperbaiki hal tersebut. Bekerja sama dengan media, CropLife Indonesia melakukan pergerakan dalam mengembangkan berita seputar pertanian yang baik, demi membuka akses kepada petani dan para pemangku kepentingan terkait.

Praktik pertanian yang baik, ramah lingkungan dan berkelanjutan perlu segera direalisasikan dalam upaya mendukung terwujudnya swasembada dan ketahanan pangan.

Untuk itu, CropLife Indonesia menyelenggarakan ajang penghargaan untuk mengapresiasi para pewarta di Indonesia, yang selama ini ikut berperan serta dalam mendukung edukasi dan penyampaian informasi yang baik kepada masyarakat.

Kegiatan lomba kali ini bertajuk Tata Kelola Penggunaan Produk Perlindungan Tanaman Pestisida yang Aman dan Berkelanjutan, atau dikenal dengan nama “Stewardship Program”.

Berikut ini nama-nama peraih penghargaan CropLife Agriwarta Awards 2018.

Kategori media nasional:

  • Pemenang I adalah sindonews.com dengan judul “Jaga Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lewat Penggunaan Bijak Pestisida”, ditulis oleh Anto Kurniawan.
  • Pemenang II adalah suarakarya.id dengan judul “Stewardship, Edukasi Ampuh Penggunaan Pestisida Secara Benar dan Aman”, ditulis oleh Laksito Adi Darmono.
  • Pemenang III adalah jpnn.com dengan judul “Croplife Edukasi Petani Tentang Penanganan Pestisida”, ditulis oleh Aam Amjad.
Baca Juga:  Sumsel Jadi Juara Nasional Kuliner Berbahan Dasar Ikan

Kategori media pertanian dan local:

  • Pemenang I adalah Majalah Swadaya dengan judul “Croplife Bersama Pemerintah Perangi Pestisida Palsu”, ditulis oleh M. Syakir.
  • Pemenang II adalah Majalah Hortus.com dengan judul “Menjaga Stabilitas Produksi Tanaman dengan Pestisida”, ditulis oleh Neneng Maghfiroh.
  • Pemenang III adalah Tabloid Sinar Tani dengan judul “Penggunaan Pestisida Harus Berpedoman 6 Prinsip”, ditulis oleh Tetuko Joko Indarto.

 

Lomba penulisan artikel/berita ini mengumpulkan 40 artikel/berita dari 20-an media. Melalui penjurian yang ketat, dipilih 5 nominasi dari setiap kategori untuk akhirnya ditentukan pemenangnya.

Pada acara CropLife Agriwarta Awards 2018 ini hadir pula Anik Kustaryati dari Direktorat Perlindungan Holtikultura Kementerian Pertanian, media nasional dan lokal, serta undangan lainnya.

Communication Committe & Public Affair Chairwoman Croplife Indonesia Devi Kusumaningtyas mengatakan CropLife Agriwarta Awards ini merupakan penghargaan yang pertama kali diberikan oleh CropLife Indonesia di bidang informasi dan jurnalis dalam mengedukasi masyarakat tentang pertanian melalui artikel dan pemberitaan.