Ini Pengganti Gula Tebu yang Paling Baik Dikonsumsi


Pertanianku – Gula memang tak lepas dari kehidupan manusia. Bahkan, bisa dikatakan, gula merupakan sumber energi bagi seseorang. Namun, seperti yang diketahui, mengonsumsi gula secara berlebihan sangat tidak disarankan. Rasa manis yang dihasilkan gula akan sangat berbahaya bagi tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Kebutuhan gula setiap orang pasti berbeda setiap harinya, mengonsumsi gula tak boleh lebih dari 10 persen dari kalori harian yang masuk ke tubuh. Kebutuhan gula untuk wanita sekitar 6 sendok teh atau setara degan 100 kalori, sedangkan untuk pria sekitar 9 sendok teh atau setara dengan 150 kalori per harinya.

Sebenarnya, gula secara alami dapat kita dapatkan dengan rutin mengonsumsi buah-buahan. Namun, kini gula alami tak hanya bersumber dari buah, terdapat beberapa alternatif sumber gula yang dapat dijadikan sebagai pengganti gula tebu, dan dijamin lebih sehat.

Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Cozymag:

Mollases

Mollases memiliki cita rasa yang lebih kuat, tetapi tidak semanis gula. Bahkan, faktanya mollases mengandung lebih banyak asam daripada gula.

Gula kelapa

Selain madu, gula kelapa juga dikenal sebagai alternatif terbaik pengganti gula tebu karena kadar glikemik yang rendah. Gula ini dapat dengan mudah digunakan untuk menjadi pengganti rasa manis dari gula tebu.

Agave nectar

Agave nectar sering disebut sirup agave merupakan pemanis yang diproduksi secara komersil dari beberapa spesies agave termasuk Agave tequilana (agave biru) dan Agave salmiana. Agave nectar memiliki rasa yang lebih manis daripada madu dan konsistensinya lebih encer dibanding madu.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Khasiat Ajaib dari Buah Naga
loading...
loading...