Ini Penjelasan Ahli Kesehatan Soal Kecoa Bisa Picu Asma


    Pertanianku – Serangga yang satu ini memang diketahui banyak ditakutkan oleh orang. Tak sedikit orang yang merasa jijik dengan kehadirannya di rumah. Itu sebabnya, jika Anda melihatnya di rumah, pasti Anda akan langsung menyemprotkan cairan antiserangga.

    Hewan yang satu ini memang diketahui menyimpan banyak bahaya. Salah satunya menjadi pencetus serangan asma.

    Mengapa demikian?

    “Kecoa itu alergen, bahan yang menyebabkan serangan asma. Kalau kecoa mati ‘kan berterbangan kulit-kulitnya. Kulitnya itu yang alergen, kalau sudah kena asma,” kata Spesialis paru-paru dari RS Persahabatan, Prof. Faisal Yunus, MD, seperti diberitakan oleh Antara.

    Ternyata kecoa bukan satu-satunya hewan yang dapat menjadi pemicu serangan asma, hewan lainnya seperti kucing, anjing, kutu di rumah, polutan, dan asap rokok juga bisa menjadi faktor pemicu serangan asma.

    “Kalau ada anak-anak atau dewasa menderita asma, seprei sebaiknya sering dibersihkan. Anak-anak sebaiknya jangan main kucing, bulunya itu alergen,” ungkapnya.

    Selain hewan, sejumlah jenis makanan juga bisa menjadi pemicu asma, yakni kacang, cokelat, bahan pengawet, dan penyedap rasa.

    “Makanan paling sering itu kacang, cokelat, mengandung pengawet, penyedap rasa. Kadang mi disebut pencetus serangan tetapi terkadang bukan karena mi-nya namun penyedap rasanya,” tutur Yunus.

    Baca Juga:  Sistem Irigasi Berbasis Teknologi
    loading...
    loading...