Ini Penyebab Ikan Laut Berbau Khas

Pertanianku — Dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah tertentu, nyatanya tidak semua orang menyukai ikan sebagai menu santapan. Salah satu sebabnya adalah bau ikan laut yang khas, yakni sedikit amis dan cenderung menyengat. Aroma ini pun akan semakin tajam seiring dengan penyimpanan yang dilakukan pada ikan laut. Nah, apa sih penyebab ikan laut berbau khas?

penyebab ikan laut berbau
Foto: freepik

Ikan laut yang masih segar umumnya tidak berbau. Meskipun memiliki bau, aromanya akan lebih segar dan cenderung mirip dengan aroma air laut. Perubahan bau ikan laut terjadi ketika ikan laut ditangkap dan dibawa ke daratan. Di sinilah protein ikan laut mulai terurai dan menimbulkan bau khas yang kurang disukai sebagian orang.

Ikan laut berenang dalam air laut yang memiliki kadar garam kurang lebih sebanyak tiga persen. Sementara, kadar garam yang optimal bagi hewan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal kurang dari satu persen.

Loading...

Oleh karena itu, ikan akan mengisi sel-sel tubuhnya dengan asam amino dan amina agar garam dari air laut tidak masuk ke sel-sel mereka. Ikan tersebut mengandalkan trimethylamine oxide atau TMAO sebagai bentuk dari amina yang diisikan ke dalam sel ikan tersebut.

Ketika ikan laut tersebut ditangkap dan dibawa ke permukaan, ikan otomatis akan mati karena kekurangan air sebagai media kehidupan mereka. Ikan yang sudah mati kemudian banyak ditumbuhi bakteri.

Bakteri-bakteri yang tumbuh pada ikan mati akan mengubah TMAO menjadi TMA atau trimethylamine. Zat inilah yang memiliki aroma menyengat khas ikan laut. Semakin lama ikan tersebut terpapar udara, semakin banyak zat TMA yang terbentuk.

Jika kurang menyukai aroma tersebut, Anda bisa menggunakan lemon untuk mengurangi bau amis yang timbul. Selain itu, tomat dan cuka juga bisa meredakan bau amis. Kandungan dalam bahan-bahan tersebut mampu membuat TMA mengikat air dan strukturnya menjadi kurang stabil. Dengan begitu, jumlah TMA pada ikan laut pun akan berkurang dan aroma amis menyengat akan berkurang.

Baca Juga:  Karakter Lele Dumbo dan Lele Sangkuriang

Keberadaan TMA menjadi salah satu indikator kesegaran ikan laut. Semakin banyak TMA yang terdapat pada ikan laut, hal tersebut menandakan tingkat kesegarannya semakin rendah.

Berbeda dengan ikan laut, ikan air tawar tidak banyak mengandung TMAO karena kadar garam dalam air tawar sangat rendah. Oleh karena itu, sel-sel ikan air tawar tidak memerlukan TMAO dalam jumlah besar untuk mempertahankan aktivitas sel dalam keadaan normal.

Selain aroma, dampak dari perbedaan jumlah TMAO ini juga memengaruhi tekstur ikan. Ikan air laut cenderung lebih kenyal dan padat karena banyaknya TMAO. Sementara, ikan air tawar lebih lembut dan lembek. Sayangnya, beberapa orang kurang menyukai ikan air tawar karena aromanya yang mirip lumpur. Namun, bau lumpur pada ikan air tawar sangat mudah dihilangkan.

Loading...
Loading...