Ini Rahasianya! Ternak Ayam Tanpa Bau dan Kotor

Pertanianku — Ketika Anda memutuskan untuk beternak ayam, hal yang Anda pertimbangkan pasti mengenai bau dan suasana yang kotor. Ini merupakan permasalahan semua peternak ayam. Oleh karena itu, tak sedikit peternak yang membuat kandang jauh dari pemukiman warga. Jika kita ingin repot, adakah cara ternak ayam tanpa bau dan kotor? Jawabannya, ada! Anda hanya perlu melakukan beberapa teknik berikut.

ternak ayam tanpa bau dan kotor
Foto: Pixabay

Penyemprotan

Untuk mengurangi bau yang ditimbulkan dari kotoran ayam, umumnya peternak akan melakukan pengerukan kotoran terlebih dahulu dengan jangka waktu 3 hari sekali. Kemudian, Anda bisa mempersiapkan alas kandang yang terdiri atas serbuk kulat kepala (jemput) atau serbuk gergaji sebagai rongga untuk kotoran ayam.

Loading...

Selanjutnya, jika bau mulai tercium dari kandang, Anda bisa melakukan penyemprotan menggunakan obat DOF yang bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko peternakan.

Pembalikan

Cara ternak ayam tanpa bau dan kotor yang kedua adalah dengan teknik pembalikan. Untuk menggunakan teknik ini, persiapan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan teknik penyemprotan. Anda bisa menyiapkan alasnya terlebih dahulu seperti serbuk gergaji atau jemput. Nah, setelah ayam mengeluarkan kotoran, Anda hanya perlu melakukan pembalikan pada alas kandang tersebut.

Untuk meningkatkan efisiensi dari teknik ini, Anda bisa melakukan pembalikan sesering mungkin atau setiap hari. Selain mengurangi bau yang dihasilkan, membalikkan alas kandang membuat kotoran menjadi lebih cepat kering dan menekan pertumbuhan belatung hingga 80 persen.

Bahan alas

Mengurangi tingkat bau dan kotor kandang ayam juga bisa dilakukan dengan memilih material bahan alas yang tepat. Ada beberapa bahan alas lain yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif selain serbuk gergaji dan jemput. Anda bisa menggunakan serbuk kapur halus atau pasir kering supaya alas menjadi lebih ramah.

Baca Juga:  Kendala Beternak Puyuh yang Wajib Anda Tahu

Pembuatan lubang

Cara yang terakhir adalah dengan membuat lubang di area bawah kandang. Anda bisa membuat lubang dengan ukuran panjang dan lebar yang sama persis dengan kandang. Jadi nantinya, setiap kotoran ayam akan jatuh ke dalam lubang tersebut dan baunya bisa diminimalisir. Isi lubang di bawah kandang tersebut dengan bahan alas yang sudah dipaparkan sebelumnya. Cara ini terbukti efektif membuat kotoran ayam cepat mengering dan menghilangkan baunya.

Loading...
Loading...