Ini Sebabnya MPASI Melon Baik Dikonsumsi

PertaniankuMPASI melon merupakan salah satu jenis MPASI yang banyak diberikan kepada bayi yang baru belajar mengonsumsi makanan pendamping ASI. Bentuk MPASI melon biasanya disajikan sebagai puree. Jika bayi sudah dapat mengunyah, puree ini dapat dibuat dengan tekstur lebih kasar.

MPASI melon
Foto: pixabay

Meskipun baik dikonsumsi, beberapa ahli lebih merekomendasikan pemberian MPASI melon pada bulan ke-8 atau ke-10. Melon mengandung beberapa asam yang dikhawatirkan dapat memengaruhi pencernaan bayi.

Namun, pemberian MPASI melon tetap dapat dilakukan terlebih jika bayi tidak mengalami reaksi alergi. Alergi ini wajar dan berbeda-beda pemicunya pada setiap anak.

Loading...

Melon mengandung banyak nutirisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan ini meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, niasin, folat, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, natrium, dan zat besi.

Karena kandungannya yang sangat kaya, melon baik digunakan sebagai bahan baku MPASI. Vitamin C dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang berguna untuk menangkal berbagai radikal bebas dari paparan lingkungan.

Anti-oksidan juga dapat menjadi agen penetralisir radikal bebas yang diproduksi selama metabolisme. Kandungan vitamin C dalam buah melon sendiri mencapai 57,3 miligram per 100 gram melon.

Buah melon juga dapat melindungi hati si kecil. Bayi dan balita sangat rentan mengalami penyakit hepatitis atau yang kerap disebut sebagai sakit kuning. Penyakit yang menyerang organ hati ini sangat berbahaya terutama bila diderita oleh anak-anak.

Anda dapat memberikan buah melon sebagai salah satu pangan tambahan bagi si kecil. Sebab, buah melon mampu menurunkan kemungkinan permasalahan hati yang terjadi pada bayi dan anak-anak.

Melon sendiri memiliki sifat immune-modulatory. Kandungan anti-oksidan dalam buah ini dapat memperkuat sistem kekebalan atau sistem imun si kecil. Melon dapat meningkatkan jumlah sel T atau limfosit.

Baca Juga:  Kerupuk Tulang Lele, Ide Bisnis yang Lezat

Selain itu, karena kandungan vitamin A-nya yang cukup tinggi, melon juga baik dalam menjaga kesehatan mata. Dalam 100 gram buah melon, terkandung vitamin A sebanyak 5276 IU.

Melon juga mengandung zea-xantin dan karotenoid yang membantu melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya bagi anak-anak ataupun orang dewasa.

Loading...
Loading...