Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Rajin Konsumsi Mangga Muda


Pertanianku – Mangga termasuk jenis buah yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Rasanya yang manis membuatnya banyak disukai. Terlebih varietas buah satu ini sangat beragam. Salah satu varietas buah mangga yang terkenal adalah harum manis.

Gaya mengonsumsi mangga setiap orangnya pasti berbeda-beda. Ada yang menyukainya dengan cara mengonsumsinya secara langsung dalam keadaan matang. Ada yang menyukainya jika diolah menjadi jus yang menyegarkan. Ada juga yang mengonsumsinya ketika mangga masih dalam keadaan muda.

Selain mangga yang matang, mangga muda atau yang biasa disebut dengan pencit juga memiliki penggemar tersendiri. Biasanya, mangga akan dikonsumsi dalam bentuk sambal pencit atau rujak pencit. Rasanya memang lezat.

Tak hanya lezat dan mengundang selera, berikut beberapa manfaat rutin mengonsumsi mangga.

Menyehatkan pencernaan

Mangga muda mengandung zat yang disebut dengan pektin. Pektin sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan pencernaan dan menjauhkan dari diare, tumpukan kotoran yang sulit dikeluarkan, serta mencegah sembelit.

Menurunkan tingkat keasaman dalam tubuh

Meski memiliki rasa yang asam, makan mangga muda justru bermanfaat untuk mengurangi atau menurunkan kadar keasaman dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika tubuh terasa tidak nyaman karena naiknya asam, kunyahlah sepotong mangga sebagai obat alami.

Menjaga kesehatan liver

Kesehatan lever bisa terjaga berkat konsumsi mangga muda. Sebab, kandungan asam di dalam mangga akan meningkatkan sekresi empedu dan bermanfaat untuk menunjang kesehatan lever.

Menjaga kesehatan mulut

Anda ingin memiliki gigi kuat, gusi sehat, dan bau napas yang segar? Makanlah mangga muda secara rutin. Sebab, konsumsi mangga akan membantu melawan kerusakan gigi dan mendukung kesehatan mulut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makan mangga muda ternyata bermanfaat untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Sebab, kandungan vitamin dan zat anti-oksidan di dalamnya mampu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Kementan Kembalikan Kejayaan Kelapa Tanah Air
loading...
loading...