Ini yang Harus Dilakukan pada Masa Kering Kandang Sapi

Pertanianku — Dalam proses beternak sapi perah, ada masa kering kandang sapi yang merupakan masa istirahat ambing. Pada periode ini, tidak terjadi pemerahan susu sapi dan biasanya berlangsung setelah umur kebuntingan mencapai 7 bulan.

masa kering kandang
foto: pertanianku

Sapi yang sudah memasuki masa kebuntingan 7 bulan tidak boleh diperah untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Penerapan masa kering kandang sapi memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk mempersiapkan kondisi ambing sapi agar bisa optimal memproduksi susu di periode produksi selanjutnya. Selama masa kering, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan oleh peternak.

Loading...

Persiapannya adalah pemberian pakan konsentrat dikurangi menjadi 4 kg/ekor/hari. Biasanya, pakan yang diberikan sebanyak setengah dari jumlah produksi susu per hari. Setelah menjelang 2—4 minggu sebelum kelahiran, Anda bisa menambahkan soybean meal ke dalam ransum pakan sebagai sumber protein. Dosis untuk soybean meal adalah sebanyak 1 kg/ekor/hari.

Setelah sapi melahirkan, pakan konsentrat yang diberikan harus mengandung kadar protein sebanyak 16 persen. Konsentrat tersebut diberikan hingga sapi mencapai pusat laktasi atau sekitar 2 bulan setelah melahirkan.

Setelah itu, sapi perah diberikan pakan berupa protein konsentrat yang maksimal 13 kg per hari. Jika asupan tersebut dirasa kurang, Anda bisa menambahkan sumber protein untuk sapi perah dari hijauan.

Sapi yang sudah melahirkan sebaiknya diberikan antibiotik. Namun, susu induk sapi tersebut belum boleh dijual selama satu minggu. Pasalnya, setelah induk diberikan antibiotik, biasanya akan meninggalkan residu di dalam susu. Residu tersebut cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Antibiotik tersebut diberikan ke sapi melalui ambing. Pemberian antibiotik menjadi salah satu treatment yang bisa dilakukan oleh peternak selama masa kandang kering untuk mencegah terjadinya mastitis atau radang kelenjar ambing.

Baca Juga:  Penyebab Kerugian Saat Beternak Ayam yang Jarang Disadari

Selama masa kering kandang, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan serta sanitasi kandang dengan baik. Berikan pakan dan minum sesuai dengan jadwal, dan lakukan perawatan untuk induk sapi yang baru saja melahirkan. Setelah masa kering kandang usai, sapi perah sudah siap untuk diperah kembali susunya.

 

 

Loading...
Loading...