Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Memerah Susu Kambing

Pertanianku— Proses pemerahan susu kambing tidak boleh dilakukan sembarangan, apalagi oleh sembarang orang. Memerah susu kambing harus dilakukan oleh orang yang sudah menguasai keterampilan memerah. Keahilan memerah sangat menentukan hasil produksi susu dan lamanya masa laktasi. Tidak hanya keahlian pekerja, tetapi masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Berikut ini yang harus dilakukan sebelum memerah susu kambing.

memerah susu kambing
foto: Pertanianku

Pemerah susu kambing

Pilihlah pekerja yang sehat atau tidak menderita penyakit menular. Pemerah juga harus penyayang hewan sehingga hewan merasa nyaman saat ditangani olehnya, menyukai kebersihan, dan cakap melakukan pekerjaan.

Tempat memerah

Kondisi tempat memerah susu juga berpengaruh terhadap hasil susu yang bersih dan bagus. Tempat memerah susu harus bersih, tidak berdebu, dan tempat pemerahan berlantai semen atau papan yang rata.

Tempat pemerahan harus bersih, tenang, dan jauh dari kambing lain, terutama pejantan, agar susu yang dihasilkan tidak akan menyerap bau kambing jantan yang disebut prengus.

Posisi kambing perah

Saat memerah, Anda juga harus memperhatikan posisi kambing perah. Apabila kondisi ambing cukup besar, cara memerah yang baik adalah dengan menggenggam ambing. Cara ini mirip atau menyerupai isapan mulut anak kambing. Sementara itu, kalau ambingnya kecil, Anda bisa memerah dengan cara diplirit. Sebenarnya, cara diplirit kurang disukai oleh induk kambing karena rasanya seperti terjepit dan kadang-kadang terasa tertarik ke bawah serta dapat membuat ambing melar panjang.

Apabila kondisi ambing sudah cukup panjang akibat diplirit, sebaiknya cara pemerahan ini ditinggalkan dan diganti dengan cara menggenggam.

Wadah penampung susu

Siapkan wadah penampung yang bersih dan berlapis email. Tempat penyimpanan susu harus diletakkan jauh dari kandang kambing jantan, bersih dari bau-bauan yang tidak diinginkan. Alas-alas yang digunakan untuk memerah dan menampung susu harus bersih.

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam yang Sedang Sakit

Waktu pemerahan

Produksi susu induk kambing dapat stabil bila waktu pemerahan diatur dengan baik. Pada waktu pemerahan, Anda harus menjaga agar kambing tidak kaget atau ketakutan karena terganggu sesuatu. Ketika pemerahan, sebaiknya lakukan dengan irama tenang agar kambing ikut tenang sehingga susu yang dihasilkan cukup banyak.