Ini yang Membuat Mangga Alpukat Viral

Pertanianku— Baru mendengar namanya pasti Anda langsung terbayang dengan jenis tanaman baru seperti persilangan antara mangga dan avokad. Mangga alpukat viral pada awal kemunculannya, bahkan hingga kini masih memiliki daya tarik yang tinggi. Tak heran, banyak orang yang mencari dan ingin menanam mangga alpukat di pekarangan rumah. Sebenarnya, apa yang membuat mangga alpukat viral?

mangga alpukat viral
foto: https://sumedangkab.go.id/

Mangga alpukat yang baru muncul beberapa tahun terakhir ini sebenarnya merupakan mangga gadung arumanis yang memiliki serat sangat halus dengan cita rasa manis. Keunikan cara mengonsumsinya membuat mangga ini banyak diminati oleh masyarakat.

Jika biasanya mengonsumsi mangga dilakukan dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu, lalu memisahkan antara daging dan biji mangga, tidak halnya dengan mangga alpukat. Anda hanya tinggal membelah buah menjadi dua bagian. Ketika dibuka, bagian tengahnya mirip seperti buah avokad. Selanjutnya, putar kedua sisi agar salah satu sisi daging buah mangga bisa terlepas dari biji buah.

Loading...

Anda bisa langsung mengonsumsi mangga alpukat dengan menggunakan sendok tanpa perlu memotong daging buah dengan pisau. Lembutnya daging mangga yang bisa langsung disantap dengan sendok disebabkan oleh serat buah yang lebih halus. Oleh karena itu, hanya dengan sendok yang tidak setajam pisau, daging buah sudah bisa diambil.

Selain sensasi makan yang sangat berbeda dengan jenis mangga pada umumnya, rasa buah ini juga manis dan lezat karena buah dipetik dengan tepat. Buah mangga yang bisa dikonsumsi seperti avokad sudah harus berumur tua di pohon. Adapun buah yang masih muda tidak akan bisa dikonsumsi seperti itu. Selain itu, rasanya menjadi kurang lezat. Oleh karena itu, para penikmat mangga avokad harus menunggu dengan sabar hingga buah masak di pohon.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Jamur Tiram

Tidak semata-mata viral saja, buah asal Kabupaten Pasuruan ini pun berhasil mendapatkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2013 dalam lomba Agribisnis Hortikultura Tanaman buah Mangga Tingkat Nasional 2013.

Tertarik dengan cara bertanam mangga alpukat? Anda bisa memahami cara bertanam mangga alpukat melalui buku Bertanam Mangga Alpukat terbitan Penebar Swadaya. Informasi seputar mangga alpukat diulas praktis dalam buku ini, mulai dari karakteristik, pembibitan, penanaman di pekarangan rumah, pembuatan tabulampot, penanggulangan hama dan penyakitnya, hingga panen dan penanganan pascapanen. Segera hubungi admin penjualan Penebar Swadaya untuk mendapatkan diskon pembelian buku Bertanam Mangga Alpukat.

 

 

Loading...
Loading...