Ini yang Menyebabkan Perbedaan Rasa Daging Ayam Kampung dan Ayam Broiler

Pertanianku Rasa daging ayam kampung berbeda dengan rasa daging ayam broiler. Bahkan, banyak orang lebih menyukai daging ayam kampung untuk menu-menu tertentu karena rasa daging ayam kampung yang lebih khas.

rasa daging ayam kampung
foto: pertanianku

Rasa daging ayam kampung sebenarnya dipengaruhi oleh proses peternakan yang dilakukan oleh masing-masing peternak. Rasa daging dipengaruhi oleh lemak yang berada di dalam daging tersebut. Lemak pada daging ayam kampung terletak di dalam serat-serat panjang daging ayam kampung. Lemak-lemak tersebut memiliki struktur spesifik yang berbeda, struktur lemak inilah yang memengaruhi rasa daging ayam kampung.

Perbedaan antara daging ayam kampung dan ayam broiler juga disebabkan oleh usia potong dari masing-masing jenis. Ayam broiler biasanya dipotong pada umur 6 minggu, sedangkan ayam kampung baru dipotong pada usia 1,5 tahun, atau paling tidak usianya mencapai 8—9 bulan. Perbedaan usia potong tersebut memengaruhi serat daging serta lemak yang terkandung.

Loading...

Semakin bertambahnya usia ayam, akan menyebabkan serat-serat daging terbungkus oleh lapisan liat yang berfungsi memperkuat otot-otot ketika ayam bergerak. Oleh karena itu, ayam broiler yang umumnya dipanen pada usia muda memiliki daging yang lunak, sedangkan ayam kampung atau ayam ras petelur yang sudah diafkir akan memiliki daging yang agak keras.

Tekstur daging yang keras sangat cocok diolah menjadi makanan-makanan khas tradisional seperti rendang ayam dan ayam goreng kalasan. Menu tersebut akan membutuhkan proses pemasakan yang cukup lama. Oleh karena itu, jika menggunakan ayam broiler, daging ayam akan mudah hancur. Sementara, jika menggunakan daging ayam kampung, justru daging akan terasa lunak dan lezat.

Untuk melunakkan daging ayam kampung, Anda bisa menggunakan parutan nanas muda yang dibalurkan ke seluruh bagian daging dan didiamkan sebentar. Setelah itu, daging ayam bisa diolah ke proses selanjutnya.

Baca Juga:  Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi

Cara pelunakan daging yang dilakukan dengan cara direbus sebenarnya dapat merusak struktur daging. Hal ini karena temperatur panas tidak hanya menghancurkan dinding serat daging yang liat. Akan tetapi, juga menghidupkan proses kimiawi di dalam daging yang bisa mengubah semua unsur di dalam daging.

 

 

 

Loading...
Loading...