Ini yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Buah Melon


Pertanianku – Hampir semua lapisan masyarakat menyukai buah melon, terlebih dengan rasanya yang manis sehingga mampu menggugah selera. Dengan segudang keunggulannya, kini melon menjadi buah popular yang banyak dikonsumsi masyarakat. Tingkat permintaan masyarakat yang tinggi menjadikan melon sebagai salah satu komoditas agribisnis unggulan. DSC02775 Melon dapat tumbuh di beberapa tipe tanah, tetapi akan berproduksi secara optimum pada tanah bertekstur lempung berpasir atau jenis tanah dengan kelas tanah latosol, andosol, dan aluvial. Tanah dengan tekstur lempung berpasir banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman melon berkembang sempurna. Tanah gambut, tanah liat berat, atau tanah cadas tidak disarankan untuk ditanami melon. Berikut adalah beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum menanam buah melon.

  • Melon dapat tumbuh di beberapa tipe tanah, tetapi akan berproduksi secara optimum pada tanah bertekstur lempung berpasir atau jenis tanah dengan kelas tanah latosol, andosol, dan aluvial. Tanah dengan tekstur lempung berpasir banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman melon berkembang sempurna. Tanah gambut, tanah liat berat, atau tanah cadas tidak disarankan untuk ditanami melon.
  • Suhu pertumbuhan untuk tanaman melon 25—30o C dengan tingkat kelembapan 50—70%. Tanaman melon tidak dapat tumbuh apabila suhu kurang dari 18o C. Perbedaan suhu siang dan malam yang jelas sangat mendukung pertumbuhan dan kualitas buah melon yang dihasilkan. Contohnya, suhu siang hari 28—30o C dan suhu malam hari 18—20o C akan menghasilkan buah melon dengan rasa aroma dan tingkat kemanisan yang tinggi.
  • Melon membutuhkan air yang cukup banyak. Namun, untuk produksi melon berkualitas tinggi, air tersebut juga harus disesuaikan dengan pola kebutuhan tanaman, sulit bila mengandalkan curah hujan.
  • Tanaman ini lebih senang di daerah terbuka, untuk mendapatkan fotosintesis yang cukup agar buahnya berkualitas.
Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik

Penanaman melon pada areal bekas tanaman keluarga timun-timunan sangat tidak dianjurkan. Tanaman keluarga timun-timunan seperti mentimun, blewah, semangka, dan labu mempunyai hama dan penyakit yang sama dengan tanaman melon sehingga dapat menyerang pertanaman dan menimbulkan kerugian.

loading...
loading...