Inilah 10 Hewan Aneh Laut Dalam Australia yang Ditemukan Ilmuwan


Pertanianku — Ada sekitar 10 hewan aneh laut dalam Australia berhasil ditemukan oleh sebuah tim yang beranggotakan 58 ilmuwan. Mereka menyelesaikan ekspedisi selama satu bulan penuh. Ekspedisi ini merupakan kali pertama lautan Australia dijelajahi dari kedalaman 4.000 sampai 6.000 meter.

10 hewan aneh laut dalam Australia
Foto: Google Image

Hewan-hewan di kedalaman laut ini harus beradaptasi dengan lingkungan yang gelap, memiliki tekanan tinggi, dan makanan yang sedikit. Maka, tak heran apabila hewan-hewan yang ditemukan para ilmuwan ini memiliki bentuk-bentuk yang aneh bahkan menyeramkan seperti dilansir dari www.australiangeographic.com.au.

  1. Glass sponge

Glass sponge ini memiliki kerangka yang terbuat dari filamen silika dan bisa hidup mencapai panjang satu meter.

  1. Kepiting merah berduri

Kepiting berwarna merah terang ini memiliki cangkang berduri yang melindunginya dari bahaya di kedalaman. Makhluk ini sebenarnya lebih menyerupai kelomang daripada kepiting biasa.

  1. Peanut worm

Peanut worm (cacing kacang) adalah cacing laut yang dapat bereproduksi secara seksual ataupun aseksual. Dibanding kacang, bentuknya lebih mirip alat kelamin pria dewasa.

  1. Coffinfish

Coffinfish misterius ini memiliki mata kebiruan dan kaki merah yang mirip anglerfish. Ikan ini berpotensi menjadi spesies baru.

  1. Cookiecutter shark

Hiu kecil yang menyeramkan ini tinggal di kedalaman hingga seribu meter. Dengan gigi-giginya yang tajam, mereka mengincar ikan-ikan besar seperti paus, lumba-lumba, atau mungkin juga para penyelam.

  1. Lizard fish

Menjadi predator dominan di kedalaman 1.000–2.500 meter tidaklah mudah dan sumber makanan pun sangat sedikit.

  1. Blob fish

Blob fish ini ditemukan di kedalaman 2,5 kilometer di perairan New South Wales. Ikan ini memiliki kulit yang lembek.

  1. ‘Faceless’ Fish

Ikan yang tidak memiliki mata ini ditemukan di kedalaman 4 kilometer. Ikan ini ditemukan kembali di Australia setelah pertama kali ditemukan 140 tahun yang lalu.

  1. Herd of sea pigs
Baca Juga:  Ikan Laut Paling Bahaya Bagi Manusia

Makhluk yang kelihatan lucu ini ditemukan di sekitaran Tasmania. Mereka adalah vacuum cleaner lautan yang menggunakan kaki-kaki mereka untuk bergerak dan menyaring mikro-organisme di dasar laut.

  1. Tripod fish

Ikan ini termasuk dalam keluarga spiderfish, yang mana mereka semua memiliki mata yang sangat kecil. Mereka merasakan kehadiran mangsa menggunakan siripnya yang tajam.

loading...
loading...