Inilah Alasan Ikan Malas Makan

Pertanianku – Ketika akan mengembangkan budi daya ikan air tawar, kita harus mengetahui kondisi suhu lingkungan. Ini karena pada saat suhu terlalu dingin, ikan akan malas makan. Pada musim pancaroba, biasanya suhu cenderung dingin. Nafsu makan ikan biasanya akan menurun atau bahkan ikan tidak mau makan sama sekali. Pada kondisi ini sistem pencernaan ikan akan mengalami penurunan yang berakibat ikan tidak bisa mencerna secara optimal jenis makanan yang biasa dikonsumsi ketika suhu air ideal.

Inilah Alasan Ikan Malas Makan

Selain sistem pencernaan, pada suhu yang rendah sistem kekebalan tubuh ikan juga tidak bisa bekerja dengan normal. Kondisi ini diperparah dengan munculnya bakteri patogen yang akan aktif di kala suhu air kolam terlalu dingin.

Inilah mengapa pada suhu yang dingin ikan akan lebih rentan terserang penyakit. Bahkan, tidak jarang menyebabkan kematian masal, khususnya ikan yang masih stadium benih.

Untuk mencegah kematian masal biasanya pembudidaya ikan akan memberikan vitamin khususnya Vitamin C dan B Kompleks yang dicampur ke dalam pakan. Ada juga pembudidaya yang mengaplikasikan penggaraman dan pemberian probiotik sebagai tindakan pencegahan serangan bakteri patogen yang aktif pada suhu rendah.

Suhu yang ideal bagi budi daya ikan adalah suhu yang stabil di kisaran 28–30 C. Selain itu, tidak terjadi perbedaan suhu air yang mencolok antara siang dan malam (tidak lebih dari 5 C). Pada kondisi ini ikan akan memberikan respons maksimal ketika diberi pakan. Selain itu, sistem kekebalan tubuh ikan juga bekerja optimal pada kondisi tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian Tucker dan Hargreaves, suhu air memang sangat berpengaruh terhadap respons ikan dalam mengonsumsi pakan. Suhu air yang berada di atas atau di bawah suhu ideal akan menyebabkan nafsu makan ikan turun. Bahkan, ikan tidak mau makan sama sekali.

Baca Juga:  Penggunaan Kolam Tanah untuk Budidaya Ikan Lele

loading...