Inilah Alasan Mengapa Anjing Perlu Dilatih


PertaniankuAnjing cukup pintar untuk dapat memahami perintah dan menjalankan perintah seperti yang dikehendaki tuannya. Sudah sepantasnya anjing diberi imbalan jika melakukan hal-hal seperti yang Anda inginkan. Pada dasarnya anjing yang tidak terlatih akan berpotensi menciptakan gangguan atau membuat susah, baik ke anjing itu sendiri, pemilik, dan bahkan ke orang lain atau hewan lain di sekitarnya.

Mengapa Anjing Perlu Dilatih

  • Keselamatan Anjing

Memiliki atau memelihara anjing yang sama sekali tidak terlatih dan tidak patuh bukan hanya sangat merepotkan, tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda(dan juga pihak lain), keuangan, maupun lingkungan sosial di sekitarnya. Selain pemilik, anjing yang tidak terlatih bisa merugikan atau mencederai pihak lain karena bisa saja anjing tersebut tiba-tiba menyerang atau mengejar orang yang kebetulan lewat. Selain itu, anjing yang tidak terlatih cenderung tidak mematuhi perintah dan bertingkah laku seenaknya, misalnya berlari ke tengah jalan ramai sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Jadi, anjing tidak terlatih bukan saja merugikan Anda, orang lain di sekitar, ataupun hewan lainnya, tetapi juga bisa berakibat fatal pada diri anjing itu sendiri.

  • Kelakuan yang Baik

Anjing yang tidak terlatih bisa membuat sang pemilik dijauhi teman-temannya, Biasanya mereka menjadi engganberkunjung ke rumah karena merasa dirinya akan terganggu dengan kehadiran anjing yang tidak terlatih tersebut. Jika Anda memiliki anjing yang mematuhi aturanaturan akan membuat suasana nyaman dan menyenangkan bersamanya. Ajarkan anjing Anda untuk mematuhi perintah dan aturan dengan penuh rasa kasih sayang, jangan hanya terus menerus memperingatkannya saja. Bila Anda selalu memperingatkan bisa mendorong anjing hidup dengan perasaan terus tertekan dan bisa berpengaruh tidak baik pada perkembangannya nanti.

Kunci keberhasilan untuk menjalin hubungan baik dengan anjing Anda adalah adanya komunikasi dua arah yang baik. Jika Anda menginginkan anjing kesayangan memiliki tingkah laku yang baik cobalah untuk memahami berpikirnya. Anda mencapai tujuan seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda harus bisa membina hubungan baik dan saling menghargai satu sama lain. Di samping itu, dengan menangani dan melatih anjing secara baik dan benar akan membantu menghentikan perilaku-perilaku tidak baik sejak kecil.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

loading...
loading...