Inilah Alasan Mengapa Kalian Harus Berhidroponik

Pertanianku – Banyak orang ingin menanam beragam sayuran, merawat, dan memetik hasilnya dari kebun sendiri. Namun, tangan mereka tidak mau kotor karena belepotan tanah. Hidroponik bisa menjadi solusinya. Tidak ada lagi aktivitas mengaduk-aduk media tanam atau menyiram air setiap hari. Cukup menikmati pertumbuhan sayuran dari hari ke hari hingga saatnya panen. Berikut beberapa Alasan berhidroponik.

Inilah Alasan Mengapa Kalian Harus Berhidroponik

  1. Menanam sendiri

Salah satu cara untuk mendapatkan sayuran segar adalah menanam sendiri sayuran. Yang jadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai lahan untuk menanam sayuran. Oleh karena itu, ada cara menanam sayuran dengan memanfaatkan air sebagai media pengganti tanahnya atau yang disebut juga dengan hidroponik.

Loading...
  1. Aman

Sayuran yang dipanen dari halaman sendiri lebih segar dan bersih dibandingkan dengan sayuran yang dibeli dari pasar. Selain itu, menghindari penggunaan pestisida untuk mengatasi hama dan penyakit. Sayuran tetap mulus karena dirawat dengan baik seperti halnya tanaman hias. Jika terlihat ada hama atau penyakit di daun, segera mengambilnya. Jika sudah terserang penyakit, cukup dibuang saja bagian yang terserang.

  1. Bertani, tetapi tetap bersih

Demam hidroponik sejalan dengan tren orang ingin mengonsumsi sayuran yang sehat. Banyak orang ingin berkebun skala rumahan. Ketertarikan bertani hidroponik tersebut karena ingin memetik sayura di halaman sendiri. Hidroponik merupakan pilihan bertani praktis dan tidak kotor karena kebanyakan orang khawatir kotor akibat tanah dan cacing. Dengan mengadopsi teknologi tanpa tanah ini, hambatan tersebut tersingkir karena bisa leluasa menanam, memupuk, merawat, dan memanen sayuran tanpa harus belopotan tanah.

  1. Murah dan mudah

Ketika sudah mapan secara finansial, banyak orang berpikir sesuatu yang dianggap mahal menjadi terjangkau. Jika dahulu hidroponik merupakan teknologi yang mahal dan sulit, kini berubah menjadi murah dan mudah. Biaya untuk membuat 1 unit hidroponik skala rumahan berkisar Rp1 juta —Rp3 juta. Biaya sebesar itu untuk membeli pipa pralon, tangki bak, pompa, penaung, dan selang plastik. Benih dan nutrisi pupuk dapat dibeli tersendiri.

  1. Obat stres
Baca Juga:  6 Bahan Penyubur Tanaman yang Murah Meriah

Tekanan hidup di kota besar kerap membuat seseorang stres. Belum lagi isu pangan, termasuk sayuran yang tercemar residu. Bagi yang ingin bertanam sendiri, mereka terkendala lahan yang terbatas. Kini, pertanian hidroponik menjadi jawaban. Terlebih lagi teknologi ini bisa menjadi pengobat stres saat merawatnya sekaligus bisa memasak makanan untuk dirinya sendiri. Disebut demikian karena hasil panen untuk dikonsumsi sendiri.

 

Sumber: Buku Hidroponik Sayuran

Loading...
Loading...