Inilah Alasan Stroberi California Memiliki Kualitas Baik


Pertanianku – Stroberi adalah buah-buahan yang memiliki rasa manis dan asam serta manjadi satu-satunya buah yang memiliki biji di luar. Buah ini hanya mampu berkembang biak dengan baik jika ditanam di dataran tinggi yang memiliki suhu sekitar 20-25 derajat celcius. Buah ini biasanya disukai orang menjadi olahan jus, sup buah, kue, bahkan menjadi salah satu tambahan pada masakan.

Inilah Alasan Stroberi California Memiliki Kualitas Baik

Namun, tahukah Anda, meski di banyak negara punya hasil budidaya sendiri akan buah stroberi. Namun yang terkenal akan kualitas terbaiknya adalah stroberi dari California, Amerika Serikat. California memiliki lahan cukup luas untuk budidaya buah stroberi. Hal ini membuat California terkenal sebagai penghasil buah stroberi terbanyak dari negara lainnya.

Tak hanya itu, kualitas buah stroberi california terbilang prima dan terbaik. Pasalnya, tiap buah stroberi ditanam dan melalui proses cukup panjang. Setiap buah stroberi datang dari partikel mikroskopis dari jaringan tanaman yang usianya sekira lima tahun. Kemudian diregenerasi kembali dan terus menghasilkan tanaman baru dengan kualitas serupa.

Begitu juga dengan suhu lingkungan sekitar. Stroberi california, biasa ditanam di perbatasan California-Oregon. Suhunya cukup rendah dan sangat baik untuk tanaman stroberi berbuah dengan maksimal, hingga pada akhirnya pada April dan Mei, buah stroberi dipanen.

Selain itu, tanah untuk menanam buah stroberi juga diperlakukan dengan baik untuk menghindari ancaman terhadap hama, seperti serangga, jamur dan parasit lainnya, dan tanah benar-benar disegel dengan plastik. Bila buah stroberi organik, tanaman stroberi ditanam di area luas dan dipindahkan tiap kali berganti musim, serta hanya dipanen sekira tiga atau lima tahun sekali. Jangan heran jika buah stroberi organik dari California harganya jauh lebih mahal.

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji

Meski metode penanaman buah stroberi cukup panjang dan agak rumit. Namun hasilnya, buah stroberi ini punya ukuran dan kualitas terbaik.