Inilah Bahan Baku Kompos


Pertanianku – Kecepatan suatu bahan menjadi kompos dipengaruhi oleh nilai perbandingan C/N dari bahan tersebut. Semakin mendekati C/N tanah maka bahan tersebut akan lebih cepat menjadi kompos. Tanah pertanian yang baik mengandung perbandingan unsur C dan N yang seimbang, yaitu C/N = 10/12. Oleh karena itu, semua bahan dengan kadar C/N yang tinggi, misalnya kayu dan biji-bijian yang keras harus dicampur dengan bahan-bahan yang berair, seperti dedaunan dan sampah dapur.

Bahan Baku Kompos

Luas permukaan bahan juga ikut mempengaruhi kecepatanpengomposan. Semakin halus dan kecil bahan baku kompos maka  proses pengomposannya akan semakin cepat dan lebih banyak hasilnya. Sebaliknya, bila bahan baku berukuran besar maka proses pengomposannya akan semakin lama. Oleh karena itu, dianjurkan untuk terlebih dahulu mencacah atau memotong kecil-kecil (sekitar 4— 5 cm) bahan organik yang berukuran besar agar mempercepat proses pengomposan.

Jenis bahan baku organik juga akan menentukan kualitas produk akhir kompos. Untuk bahan organik yang mengandung selulosa dan lignoselulosa biasanya sulit untuk dirombak maka diperlukan mikroba yang mempunyai kemampuan spesifik. Oleh karena itu, untuk menghasilkan kompos yang baik, beberapa jenis bahan organik harus dicampur sehingga memberikan komposisi dan parameter yang ideal seperti pada Tabel 11.

 

Sumber: Buku Cara Cepat Buat Kompos Dari Limbah

 

Baca Juga:  Membuat Sendiri ZPT Organik Terbaik untuk Tanaman