Inilah Bahaya Ginseng Bagi Wanita Hamil


Pertanianku – Ginseng merupakan tanaman herbal yang sangat tersohor berkat keampuhannya menuntaskan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, tanaman herbal yang berasal dari Amerika Utara dan Asia Timur ini memiliki ramuan bergizi yang telah digunakan berabad-abad sebagai penambah energi.

Inilah Bahaya Ginseng Bagi Wanita HamilSeperti halnya gingseng korea telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan selama berabad-abad. “Obat herbal ini mampu mengobati berbagai penyakit,” ungkap Dr. Jusuf Kristianto, Dosen Manajemen Rumah Sakit di Universitas Indonesia dan peneliti kesehatan.

Dr. Jusuf menyebutkan, gingseng berfungsi meningkatkan kinerja otak, dan meredakan kelelahan. Bahkan, tanaman berbentuk unik ini juga sangat baik sebagai makanan kesehatan untuk detoksifikasi. Meski demikian, ginseng mempunyai sisi gelap yang selama ini kurang diperhatikan. Gingseng memang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi Anda harus tahu takaran mengonsumsinya. Gingseng juga tidak disarankan untuk ibu hamil.

Wanita hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi ginseng karena bisa mengencerkan darah sehingga dikhawatirkan akan timbul pendarahan yang berat pada saat melahirkan. Selain ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak juga tidak dianjurkan mengonsumsi gingseng. Penggunaannya secara berlebihan dan berkepanjangan dapat mengakibatkan insomnia dan hipertensi. Bahkan, penggunaan secara terus-menerus selama lebih dari tiga bulan sangat tidak dianjurkan.

Minumlah 100–400 miligram gingseng setiap hari selama dua atau tiga minggu, kemudian lanjutkan mengonsumsinya setelah jeda satu minggu. Ini cara yang aman mengonsumsi gingseng. Sebaiknya, penggunaan gingseng dilakukan menurut instruksi dosis yang tertera pada kemasan produk gingseng.

Baca Juga:  Rahasia di Balik Manfaat Seledri yang perlu Anda Ketahui
loading...
loading...