Inilah Bahaya Menyimpan Kentang dalam Kulkas


Pertanianku – Masyarakat terbiasa menyimpan bahan makanan baik sayuran, buah maupun berbagai jenis makanan lainnya di dalam kulkas. Hal ini dipercaya dapat membuat bahan makanan lebih awet dan tetap segar.

Bahaya Simpan Kentang dalam Kulkas

Namun, tahukah Anda, ternyata hal itu tidak berlaku untuk semua jenis makanan, seperti halnya kentang. Jika kentang berada di dalam suhu dingin, akan mengubah rasa, tekstur, dan kematangan kentang itu. Bahkan, dapat menyimpan bahaya bagi kesehatan manusia.

Ketika kentang disimpan dalam kulkas, pati yang terdapat dalam kentang akan berubah menjadi gula. Ketika digoreng atau dipanggang, gula tersebut akan bercampur dengan asparagin asam amino. Percampuran itulah yang akan menghasilkan kimia akrilamida yang diketahui dapat berbahaya bagi kesehatan.

Akrilamida adalah bahan kimia yang digunakan dalam proses industri seperti produksi pembuatan kertas, pewarna, dan plastik. Akrilamida bisa ditemukan dalam makanan, terutama makanan dalam kemasan. Keripik kentang atau kentang goreng adalah jenis makanan yang mengandung akrilamida lebih tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya.

Bahaya akrilamida dapat berdampak dengan munculnya berbagai jenis penyakit seperti kanker. Penelitian yang dilakukan pada tikus telah menemukan fakta mencengangkan bahwa efek dari akrilamida dapat menimbulkan risiko untuk penyakit kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efek akrilamida yang jelas.

Mulai saat ini sebaiknya hindari menyimpan kentang di dalam kulkas. Cara terbaik untuk menyimpan kentang adalah dalam ruangan bersuhu kamar, tempat sejuk, dan kering.

loading...
loading...