Inilah Beberapa Alasan Mengapa Anjing Makan Rumput


PertaniankuAnda pasti heran, anjing doyan rumput. Padahal, kebanyakan dokter hewan mengatakan kalau anjing itu karnivora. Pertanyaannya, apakah rumput dapat membahayakan kesehatan anjing? Jawabnya, tidak. Rumput tidak membahayakan kesehatan anjing asalkan rumput yang dimakan tidak mengandung pestisida.

Anjing Makan Rumput

Ada beberapa teori alasan anjing makan rumput.

  1. Bagian dari diet normal anjing. Anjing butuh protein yang berasal dari tumbuhan. Coba Anda periksa kemasan dogfood. Di kemasan tertulis mengandung vegeatable protein.
  2. Rumput berguna untuk pencernaan. Tidak ada yang tahu pasti, kalau anjing makan rumput untuk menstabilkan pencernaannya. Kadang setelah anjing makan rumput, biasanya anjing akan muntah. Mungkin pencernaannya sedang tidak enak atau sedang sakit maag . Namun ingat, kalau anjing makan rumput yang mengandung pestisida. Rumput tidak membuat perutnya tambah enak, tetapi justu semakin mual. Oleh karena itu, kalau anjing Anda suka bermain dan makan rumput sebaiknya jangan suka menyemprot pestisida di taman.
  3. Hobi makan lalap. Sama seperti orang, anjing mungkin juga suka lalapan untukmenyegarkan pencernaan. Kadang bukan rumput saja yang dimakan, daun-daunan dan buah-buahan juga digemari oleh anjing.

Memang susah untuk menghentikan kebiasaan anjing untuk makan rumput. Sebaiknya Anda harus memperhatikan jika anjing sedang bermain di taman. Cara paling efektif untuk mengurangi anjing makan rumput adalah memberikan tambahan sayuran segar di menu makanannya. Contohnya, buah apel, pepaya, seledri, atau lalapan yang biasa Anda makan. Ingat, jangan diberi kembang kol karena akan membuat perutnya kembung.

Kalau perlu, konsultasikan ke dokter hewan tentang jenis sayuran yang boleh dimakan oleh anjing. Makan rumput bukan kebiasaan yang jelek. Namun, kalau anjing terlalu banyak makan rumput, sebaiknya segera dibawa anjing ke dokter hewan untuk diperiksa pencernaannya.

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...