Inilah Beberapa Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Apel


Pertanianku – Buah tidak hanya lezat dan segar, tapi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya bukan hal yang baru bagi Anda. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk melakukan pengobatan dengan buah-buahan? Hal ini tentu sangat menarik karena obat biasanya identik dengan herbal—tanaman obat—sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi, dengan terapi buah, Anda bisa memulihkan dan memperbaiki kesehatan sekaligus mengonsumsi buah yang disukai. Salah satunya adalah buah apel.

Apel Hijau_StudioPS_251110 (39)

Apel mengandung zat-zat berkhasiat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya ellagic acid, chlorogenic acid, caffeic acid, tannic acid, flavonoid terutama quercetin (golongan flafonol), catechin, dan epicatechin (golongan proanthocyanidin). Ada pula kandungan vitamin C, pektin, kalium, dan zink. Sebagian besar nutrisi penting tersebut terdapat di lapisan bawah kulit buah.

Tingginya kandungan flavonoid seperti quercetin memberikan efek perlindungan terhadap penyakit jantung dan asma. Quercetin berkhasiat sebagai antiradang dan antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas sebelum merusak DNA dan komponen penting di dalam tubuh, juga ampuh untuk mencegah keriput. Dengan mengonsumsi catechin dan epicatechin setiap hari dapat mengurangi risiko serangan jantung koroner.

Quercetin dapat melindungi paru-paru dari polusi. Bagi Anda yang perokok, kurangi merokok dan perbanyak konsumsi apel. Tekstur apel yang keras dapat menghilangkan plak di gigi. Kandungan airnya juga memberikan kelembapan mulut untuk menghilangkan bakteri sehingga apel bisa mengurangi bau mulut.

Pektin adalah serat larut yang akan membentuk gel di usus. Manfaatnya yakni menghambat penyerapan kolesterol sehingga kadarnya di dalam darah turun. Kandungan serat tidak larut banyak ditemukan di bagian kulit apel yang meningkatkan kontraksi usus sehingga mempermudah buang air besar dan mengatasi sembelit. Kandungan zink juga bermanfaat untuk pertumbuhan anak, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan jumlah spermatozoa. Apel berkhasiat laksatif, astringen, antidiare, antioksidan, antiradang, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah keriput.

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan

 

loading...
loading...