Inilah Beberapa Khasiat Dari Akar, Daun, Kulit Batang, dan Buah Manggis


Pertanianku – Pada umumnya, masyarakat mengonsumsi manggis karena buahnya yang begitu lezat dan menyegarkan. Selain sebagai pelepas dahaga dan menambah kesegaran tubuh, buah manggis memiliki berbagai khasiat obat yang menyehatkan. Khasiat yang paling tinggi dari manggis banyak terdapat di bagian kulitnya. Berikut adalah bagian dari manggis yang berkhasiat mengobati penyakit.

Kandungan Manggis

Kandungan berupa beragam senyawa bermanfaat membuat hampir semua bagian tanaman manggis dimanfaatkan sebagai herbal. Hal tersebut sudah dilakukan sejak lama. Tak heran, banyak kalangan menyebutkan bahwa tanaman manggis adalah tanaman mukjizat dari Tuhan karena memiliki beragam khasiat. Selain buah dan kulitnya, akar dan kulit batang manggis pun dapat dimanfaatkan untuk obat. Akar pohon manggis dapat digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur. Kulit batangnya berkhasiat mengatasi nyeri perut. Sementara itu, di Karibia dan Amerika Latin buah manggis dibuat teh dan dikonsumsi sebagai pembangkit stamina.

Di Jepang, daun dan kulit batang manggis sering dipakai untuk mengobati hiperkeratosis, eksim, dan penyakit kulit lain seperti psoriasis karena berefek antiinflamasi. Sementara masyarakat Philipina merebus daun dan kulit batang sebagai obat penurun panas, diare, disentri, dan sulit berkemih.

 

 

Sumber: Buku Ramuan dan Khasiat Kulit Manggis

 

 

Baca Juga:  Khasiat Jambu Biji Mampu Meningkatkan Trombosit
loading...
loading...