Inilah Beberapa Manfaat dari Kangkung


Pertanianku – Kangkung merupakan tanaman sayuran komersial yang bersifat menjalar. Kangkung berbatang kecil, bulat panjang, dan berlubang di dalamnya. Daunnya digemari seluruh lapisan masyarakat Indonesia karena rasanya enak segar. Selain itu, kangkung banyak mengandung vitamin A, vitamin C, dan

kangkung darat

mineral, terutama zat besi. Kangkung berfungsi sebagai obat tidur karena dapat menenangkan saraf. Adapun akarnya penting untuk obat wasir (haemorrhoid). Sementara itu, zat besi yang terkandung dalam kangkung sangat berguna untuk pertumbuhan badan.

Jenis kangkung yang enak dimakan dan terkenal antara lain kangkung darat (Ipomoea reptans L. Poir) dan kangkung air (Ipomoea aquatica Forsk). Kangkung darat berdaun panjang, berujung runcing, dan berwarna hijau keputih-putihan. Bunganya berwarna putih. Sementara itu, jenis kangkung air berdaun panjang, tetapi ujungnya agak tumpul dan berwarna hijau kelam. Bunganya berwarna kekuning-kuningan atau ungu.

Batang muda kangkung dan daun-daunnya dapat disayur, ditumis, pecel, lotek, dan dapat pula dilalap masak. Ada pula orang yang makan kangkung mentah sebagai lalap, tetapi rasanya agak getir (kelat). Cara memasaknya tidak boleh terlalu lama karena teksturnya menjadi berlendir dan rasanya tidak enak.

Baca Juga:  Yuk, Simak Jenis Sayuran yang Meningkatkan Berat Badan
loading...
loading...