Inilah Beberapa Nilai Gizi dan Manfaat Ayam Buras


Pertanianku – Selain meningkatkan pendapatan peternak, tujuan pembangunan peternakan di antaranya menyediakan pangan bermutu bagi masyarakat dalam jumlah yang cukup dan meningkatkan peranan peternakan dalam tata ekonomi nasional. Untuk mencapai sasaran tersebut maka peranan ayam buras sebagai salah satu sumber protein hewani dapat diandalkan.

Nilai Gizi dan Manfaat Ayam Buras

  1. Kandungan gizi ayam buras

Ayam buras memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk kehidupan manusia. Dagingnya dapat dikonsumsi dan diterima oleh semua golongan sebagai makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dengan cita rasa yang lezat. Daging ayam buras dapat diolah menjadi ayam goreng, ayam panggang, satai, sop, semur ayam, dan opor. Daging ayam buras merupakan sumber protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Adapun kandungan gizi dalam 100 g daging ayam buras dapat dilihat pada Tabel 1.

  1. Manfaat dan keuntungan dalam beternak

Selain dagingnya yang dapat dijual, limbah ayam buras berupa kotoran dan bulunya juga dapat digunakan. Daging ayam buras memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan ayam ras. Selain itu, kotoran ayam dapat dijadikan pupuk yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman, sedangkan bulunya merupakan bahan baku untuk kerajinan tangan, seperti lukisan, kemoceng, dan shuttlecock. Dengan demikian, semua produk ayam buras berupa karkas, daging, dan limbahnya berupa kotoran serta bulu dapat dijual.

Beberapa keunggulan dan keuntungan lain yang dapat diperolehdari peternakan ayam buras pedaging yaitu sebagai berikut.

  • Dapat diusahakan pada lahan yang tidak begitu luas.
  • Tidak memerlukan teknologi tinggi, tetapi pemeliharaan intensif.
  • Daya tahan tubuh lebih kuat dibanding ayam ras.
  • Daging lebih padat dan lebih enak.
  • Harga jual terjangkau konsumen.
  • Hemat tenaga kerja (satu orang/2.000 ekor ayam).
  • Membuka lapangan kerja baru, baik untuk keluarga peternak maupun untuk orang lain.
  • Dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor peternakan.
Baca Juga:  Waspada, Salah Mengolah Daging Kambing Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

 

Sumber: Buku  Ayam Buras Pedaging

loading...
loading...