Inilah Beragam Jenis Sayuran Yang Perlu Anda Ketahui


Pertanianku – Jenis sayuran dapat dikelompokkan menjadi tiga macam berdasarkan bagian yang dapat dikonsumsi, yaitu sayuran buah, sayuran daun, dan sayuran umbi.

manfaat sayuran bagi tubuh manusia

  1. Sayuran buah

Dikatakan sayuran buah karena bagian buah dari sayuran tersebut yang dapat dikonsumsi, misalnya tomat, cabai, dan terung. Jenis sayuran ini memiliki waktu yang lama untuk berbuah karena tanaman ini harus mengalami masa vegetatif (pertumbuhan daun) terlebih dahulu, kemudian masa berbuah.

  1. Sayuran daun

Sayuran daun adalah jenis tanaman yang memanfaatkan bagian daunnya untuk dikonsumsi, misalnya selada, bayam, dan kangkung. Selain daunnya, pada umumnya konsumen menggunakan batang bagian atas dan pucuk daun untuk ikut serta dikonsumsi.

  1. Sayuran umbi

Sayuran umbi adalah kelompok sayuran yang bagian umbinya bisa dikonsumsi, seperti wortel, kentang, dan lobak. Bagian yang dapat dikonsumsi pada sayuran umbi berada di bagian tanah sehingga yang terlihat hanya bagian daunnya saja. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsinya harus dicuci hingga bersih agar terbebas dari kontaminasi tanah.

 

Sumber: Buku 15 Sayuran Organik dalam Pot

Baca Juga:  Petani Indonesia Masa Depan? Ya Generasi Muda!
loading...
loading...