Inilah Berbagai Bentuk Kandang Kelinci


Pertanianku – Bentuk kandang kelinci dapat dimodifikasi dan ditempatkan sesuai dengan kondisi tanah pada rumah. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kandang harus tetap dalam kondisi sejuk dan kering serta terhindar dari segala macam gangguan (predator). Oleh karena itu, bahan yang digunakan untuk kandang harus mampu menahan predator masuk ke dalam kandang. Kandang juga sebaiknya terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk kandang antara lain bambu, kayu, dan kawat ram.

Bentuk

Berdasarkan bentuknya, kandang kelinci dibagi menjadi kandang baterai, kandang postal, kandang ranch (ren), dan kandang melahirkan.

1. Kandang baterai

Kandang baterai adalah jenis kandang yang setiap satu ruangan berderet hanya diisi oleh satu ekor kelinci dengan konstruksi flatdech battery (berjajar), tier battery (bertingkat), dan pyramidal battery (susun piramid). Kandang ini umumnya digunakan untuk mengawinkan kelinci. Bagi betina, kandang ini digunakan untuk melahirkan dan mengasuh anak. Sementara bagi anak kelinci lepas sapih, kandang ini sering digunakan untuk tempat pembesaran secara kelompok.

Keuntungan pemakaian kandang baterai antara lain sanitasi mudah dilakukan, mencegah perkelahian dan kanibal, program pengembangbiakan dan pemuliaan dapat diatur lebih mudah, kematiananak kelinci lebih rendah karena tidak ada gangguan dari kelinci lain, serta biaya dan pemanfa atannya lebih ekonomis.

2. Kandang postal

Kandang postal adalah kandang yang setiap ruangannya diisi olehbeberapa ekor kelinci. Umumnya, kandang ini digunakan untuk anak  kelinci yang baru disapih atau kelinci dara yang seragam dalam umur dan ukuran. Untuk digabung dalam satu kandang, sebaiknya kelinci memiliki jenis kelamin dan ras yang sama.

Kandang postal yang digunakan untuk pembiakan sebaiknya diisi oleh satu induk pejantan dan 4—6 ekor induk betina. Ukuran kandang yang ideal 400 cm x 200 cm x 55 cm.

3. Kandang ren (ranch)

Kandang ren adalah kandang yang ruangannya terbagi-bagi menjadi tempat tidur dan tempat bermain. Kandang ini biasanya terdapat di halaman rumah atau merupakan bagian dari taman. Jenis kandang inicocok untuk pemeliharaan kelinci dengan tujuan hobi atau ternak hias. Kandang tidur berupa sa ngkar berbentuk rumah-rumahan. Fungsinya untuk tempat tidur atau istirahat pada malam hari. Tempat bermain berupa lapangan cukup luas yang dikelilingi pagar. Fungsinya sebagai tempat bermain atau berkeliaran pada siang hari.

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

 

loading...
loading...