Inilah Berbagai Pilihan Untuk Usaha di Teras Rumah


Inilah Berbagai Pilihan Untuk Usaha di Teras Rumah

Pertanianku – Berikut beberapa jenis pilihan usaha dari rumah yang bisa disesuaikan dengan hobi serta ukuran lahan yang dimiliki.

  1. Bercocok tanam sayuran

Kegiatan bercocok tanam skala rumah tangga biasanya identik dengan IRT. Oleh karena itu, bila Anda seorang IRT, bercocok tanam sayuran bisa dijadikan sebagai pilihan usaha di rumah. Alasan utamanya adalah sayuran merupakan komoditas yang dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, metode budi dayanya pun sudah sangat bervariasi dan cukup mudah diaplikasikan, misalnya menggunakan metode vertikultur. Dengan demikian, hasil dari kegiatan ini setidaknya bisa dinikmati sendiri atau bila hasil yang diperoleh berlebih, bisa dijual ke tukang sayur keliling atau tetangga sekitar.

Salah satu contoh usaha bercocok tanam sayuran yang sudah sering dilakukan dalam skala rumah tangga adalah budi daya jamur tiram. Walau hanya memanfaatkan ruangan rumah yang tidak terpakai, keuntungan besar bisa diraih. Tentunya dengan memahami terlebih dahulu berbagai hal seputar budi daya jamur tiram.

  1. Beternak hewan peliharaan

Jenis hewan peliharaan yang bisa dijadikan sebagai pilihan usaha dari rumah antara lain landak mini, hamster, tikus putih, jangkrik, atau cacing tanah. Beternak jangkrik contohnya, lahan yang dapat dijadikan sebagai tempat usaha tidak harus luas karena penempatannya bisa dengan cara digantung atau wadahnya bisadiletakkan di salah satu ruangan di dalam rumah. Beternak hamster pun demikian, para hobiis hamster juga kerap kali memanfaatkan salah satu ruangan yang tidak terpakai untuk meletakkan kandangkandangberisi hamster.

  1. Budi daya ikan hias atau ikan konsumsi

Ikan hias dan ikan konsumsi merupakan jenis usaha yang terbilang cukup menjanjikan karena tidak pernah sepi peminat. Jenis usaha perikanan yang tidak memerlukan lahan luas antara lain budi daya ikan cupang, lele, dan belut. Dengan demikian, bisa dilakukan dari rumah. Bila tidak ingin direpotkan dengan biaya pembuatan kolam atau akuarium, bisa memanfaatkan wadah pemeliharaan berupa bahan-bahan yang relatif murah seperti terpal, boks styrofoam, botol bekas air mineral, atau drum bekas.

Baca Juga:  Ternak Jangkrik Datangkan Omzet Hingga Rp10 Juta per Hari

 

Sumber : Buku Meraup Rupiah Dari Teras Rumah

loading...
loading...