Inilah Cara Agar Kentang Tak Berubah Warna Setelah Dikupas

Pertanianku – Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak diolah menjadi makanan lezat. Kentang juga bisa dijadikan camilan yang sangat enak. Kentang jika dikupas akan seperti apel yang akan berubah warna menjadi kecokelatan. Ini karena adanya browning enzimatic, proses oksidasi dari enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam kentang.

Inilah Cara Agar Kentang Tak Berubah Warna Setelah Dikupas

Saat akan memasak kentang dalam jumlah besar tentu browning enzimatic ini akan jadi salah satu masalah. Browning enzimatic memang tidak akan memengaruhi rasa, tetapi tampilan dari kentang tentu akan jadi kurang cantik. Ada beberapa tips untuk mencegah kentang berubah warna setelah dikupas seperti yang telah dilansir dari greatist.

Loading...

Pertama, Anda bisa mencoba merendam kentang yang sudah dikupas dalam larutan garam dapur dan air kapur sirih. Campurkan saja 2 sendok makan garam halus dan 1 sendok makan air kapur sirih. Larutkan di dalam 1 liter air. Setelah itu, rendam kentang selama kurang lebih 1 jam. Ini akan membuat kentang tak berubah warna. Selain itu, kentang juga bisa jadi lebih gurih.

Kedua, Anda juga bisa mencoba blanching. Rebus kentang yang belum dikupas kulitnya selama kurang lebih 1 menit dalam air mendidih. Angkat dan langsung rendam dalam air dingin. Selanjutnya, Anda tinggal mengupas kentang tersebut.

Baca Juga:  Dirjen Hortikultura Luncurkan Lima Program Utama Daya Saing Produk Pertanian
Loading...
Loading...