Inilah Cara Agar Sayur Hijau yang Direbus Tidak Berubah Warna


Pertanianku – Sayur hijau merupakan sumber serat yang bebas lemak yang sangat baik dikonsumsi setiap hari. Bahkan, hampir semua sayuran hijau mengandung kalori yang sangat rendah.

Inilah Cara Agar Sayur Hijau yang Direbus Tidak Berubah Warna

Sayuran kaya akan kandungan betakaroten, alfakaroten, dan lutein yang terbungkus dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil). Dengan banyak makan sayuran hijau, klorofil akan melindungi sel lemah dari serangan benih kanker. Jika di dalam tubuh terdapat benih kanker, benih tersebut akan memilih sel lemah sehingga sel tersebut mudah dilumpuhkan.

Sayuran mengandung vitamin-vitamin yang bekerja sebagai anti-oksidan dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas. Selain itu, mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh.

Serat kasar yang ada dalam sayuran tidak bisa terurai oleh sistem pencernaan kita, dan berfungsi sebagai karet busa di dalam usus. Dia akan menyerap zat buangan dan membantu gerakan peristaltik usus untuk mendorong sisa makanan ke luar tubuh.

Beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan brokoli mengandung kalsium yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Namun, terkadang beberapa orang tidak mengetahui cara mengolah sayuran hijau dengan benar.

Salah satu masalah yang dihadapi saat merebus sayuran adalah warnanya yang berubah. Warna sayur yang direbus sering berubah menjadi sedikit kecokelatan. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir. Ada satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat sayuran tetap hijau segar meskipun sudah diolah.

  • Potong-potong sayur sesuai dengan selera.
  • Cuci bersih di bawah air yang mengalir.
  • Rebus air dalam panci secukupnya sampai mendidih.
  • Agar warna sayur tak keruh rebus sayur bergantian dari warna paling muda menuju tua. Misalnya, rebus kecambah, setelah diangkat lalu rebus kubis, setelah kubis diangkat baru masukkan sayuran berwarna hijau.
  • Untuk sayuran hijau, masukkan terlebih dahulu satu sendok teh garam dapur ke dalam air mendidih. Setelah itu, masukkan sayuran hijau ke dalamnya. Ini akan membantu sayur tidak berubah warna menjadi kecokelatan.
Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Cukup praktis bukan? Silakan mencobanya sendiri di rumah.

loading...
loading...