Inilah Cara Mengetahui Usia Kucing

Pertanianku – Banyak kesalahpahaman yang dapat muncul ketika menghitung usia kucing. Sebenarnya usia kucing tumbuh dewasa lebih cepat pada dua tahun pertama, kemudian penuaan mereka melambat.

Inilah Cara Mengetahui Usia Kucing

Kucing yang berusia setahun, sebenarnya berusia 15 tahun dalam umur manusia. Ketika kucing menginjak usia 2 tahun, itu berarti setara 24 tahun umur manusia. Setelah mencapai usia 24 tahun, satu tahun usia kucing sama dengan 4 tahun dalam kalender manusia.

Loading...

Jadi, usia kucing yang telah hidup selama empat tahun berarti sudah berusia 32 tahun dalam umur manusia. Usia rata-rata kucing sebenarnya bergantung pada banyak faktor, termasuk perkembangbiakan dan kesehatan.

Salah satu cara terbaik untuk menjamin usia kucing Anda berumur panjang adalah dengan menjaganya agar tetap berada di dalam rumah.

Kucing peliharaan biasanya dapat hidup lebih dari 20 tahun, sementara kucing liar, yang lebih berisiko terjangkit penyakit, predator dan ancaman lalu lintas, biasanya hidup hanya setengahnya, yaitu 10 tahun. Jika Anda mengadopsi anak kucing atau kucing dewasa dan tidak tahu sejarah kucing tersebut, pergilah ke veteriner atau dokter hewan. Biasanya mereka akan memberikan Anda estimasi usia si kucing.

Ketika menentukan usia kucing, paramedik veteriner pasti akan mengamati gigi kucing. Anak kucing akan mulai memiliki ‘gigi susu’ pada usia sekitar 3 minggu, dan gigi tetapnya tumbuh ketika berusia 3 atau 4 bulan. Seekor kucing dengan satu set gigi lengkap yang berwarna putih bersih kemungkinan besar berusia setahun atau 15 tahun manusia.

Jika giginya mulai menguning, itu mengindikasikan bahwa kucing mungkin telah berusia sekitar 2 tahun. Jika terdapat karang gigi, atau mulai mengalami radang gusi, kucing kemungkinan berusia 3 atau 4 tahun. Kucing yang tidak mendapat perawatan gigi akan mulai mengalami tanda-tanda penyakit gigi dari usia 3–7 tahun.

Baca Juga:  Perbedaan Antara Penyu dan Kura-Kura

Saat kucing mulai dianggap tua ketika mencapai usia 7–10 tahun, pada usia itulah mereka mungkin mulai kehilangan gigi. Menentukan usia kucing juga dapat dilakukan dengan cara melihat penampilan keseluruhan. Kucing muda akan tampak lebih berotot sedangkan kucing tua memiliki kulit yang kendur dengan tulang belikatnya tampak menonjol.

Bulu kucing juga akan berubah seiring pertambahan usia mereka. Bulu anak kucing lebih halus, kucing muda dan sehat biasanya memiliki bulu yang lembut dan kondisinya baik. Sedangkan kucing tua bulunya lebih kasar bahkan warnanya bisa berubah, mengembangkan sedikit belang samar berwarna keabuan atau warna-warna pudar. Selain itu, kucing tua juga menunjukkan tanda-tanda radang sendi, mata mulai berkabut dan suara serak.

Loading...
Loading...