Inilah Ciri Buah Alpukat yang Tak Layak Konsumsi


Pertanianku – Alpukat termasuk salah satu buah yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, buah satu ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Biasanya mengonsumsi alpukat akan terasa lebih nikmat jika dijus. Selain itu, buah ini juga dapat diolah menjadi kue.

Seperti yang kita ketahui, buah alpukat yang kita beli dalam keadaan matang, tidak akan bertahan lama. Jika Anda memiliki stok alpukat segar di rumah, tetapi ragu karena takut kualitasnya memburuk, ada cara mudah mendeteksinya.

Berikut ciri-ciri buah alpukat yang hampir membusuk.

Kulit luar retak dan berbintik hitam

Sebelum membelah alpukat dan menggunakan dagingnya, perhatikan bagian permukaan kulitnya. Jika kulit alpukat sudah tampak retak dan berbintik hitam, itu kemungkinan tanda alpukat sudah mulai membusuk.

Aroma tidak sedap

Untuk mengetahui aroma tak sedap pada alpukat dapat dilakukan dengan cara mendekatkan buah ke hidung. Jika tercium aroma tidak sedap dan aroma asam yang menyengat, sebaiknya segera membuangnya.

Tekstur lembek

Sama seperti kebanyakan buah lain yang menjadi lunak jika semakin matang, demikian juga alpukat. Memar pada alpukat dan tekstur yang lembek dan terlalu lembut ketika ditekan bahkan hanya dengan perlahan. Ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa alpukat sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Cek bagian dalam buah

Jika ciri pada permukaan saja tidak cukup, Anda dapat langsung membelahnya. Keluarkan biji dan perhatikan bagian daging buahnya. Jika yang busuk hanya sebagian kecil, Anda masih dapat menggunakan bagian daging yang bagus setelah sebelumnya membuang bagian busuk. Selama daging masih berwarna hijau kekuningan dan bertekstur sekal, alpukat masih aman dikonsumsi.

Baca Juga:  Hati-hati! Buah Ini Mengandung Pestisida Terbanyak