Inilah Ciri Suara Cucakrawa yang Baik Untuk Dipasangkan

Pertanianku – Karakter yang dimiliki cucakrawa berbeda satu dengan lainnya. Ada cucakrawa yang suka berkicau sendirian. Ada juga yang suka berkicau jika dipancing dengan suara cucakrawa atau burung lainnya.

Suara-Cucak-Rawa-untuk-Masteran

Ciri-ciri cucakrawa yang mudah dipasangkan adalah suaranya selalu memancing burung sejenisnya. Suara yang dikicaukan tidak terlalu keras dan seperti ada kesan ditahan-tahan. Bila ada cucakrawa lain yang menyambut suaranya, cucakrawa tersebut akan lebih mengeraskan suara dan kecepatannya.

Hal ini akan lebih mudah dipahami jika burung tersebut sudah mulai rajin berkicau. Selain itu, jumlah cucakrawa sebaiknya 3—4 ekor. Jika hanya 2 ekor sangat sulit menentukan kecocokannya bila dipasangkan. Hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab penggemar kurang berminat memasangkan cucakrawa.

Umumnya, cucakrawa yang kicaunya berpasangan adalah jantan dengan betina atau jantan dengan jantan. Pasangan cucakrawa jantan dengan jantan bisa saja dipasangkan. Akan tetapi, hanya didampingkan sangkarnya dan tidak boleh disatukan dalam satu sangkar. Di habitat aslinya, suara kicauan cucakrawa jantan dikumandangkan pada saat musim kawin untuk menarik lawan jenisnya. Kalau sesama jantan mau berpasangan, hal ini lebih disebabkan cucakrawa jantan ingin menujukkan kekuasaan wilayahnya dan memikat hati cucakrawa betina.

Suara yang berpasangan tidak sulit dipantau, hanya tinggal kita melatih mentalnya. Bagaimanapun, kita ingin agar cucakrawa tersebut mau berkicau di segala tempat. Ada sebagian penggemar mencoba mendekatkan sangkar dua cucakrawa sejak masih bakalan. Ternyata tidak mendapatkan hasil. Kegagalan ini kemungkinan besar disebabkan kedua burung tersebut berkelamin betina.

Akan lebih mudah dan lebih cepat jika burung cucakrawa yang akan dipasangkan suaranya telah dipelihara lebih dari satu tahun atau telah mengalami rontok bulu satu kali. Namun, dengan memilih cucakrawa ini berarti harganya telah lumayan tinggi.

Baca Juga:  Cara Membuat Nuri Cepat Ngomong

Sumber:  Buku Agar Cucakrawa Rajin Berkicau

 

Loading...