Inilah Dampak Air Hujan pada Budidaya Ikan Lele


Pertanianku – Dalam budidaya ikan lele, air merupakan media yang sangat penting bagi kelangsungan hidup ikan. Namun, tahukah Anda jika air hujan terkadang menjadi masalah pada budidaya ikan lele? Hal ini karena air hujan memiliki tingkat keasaman tinggi dan sangat berbahaya untuk siklus hidup ikan di kolam.

Inilah Dampak Air Hujan pada Budidaya Ikan Lele

Air hujan akan menjadi masalah pada budidaya ikan lele. Untuk mengantisipasinya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti sering mengganti air kolam dan tidak lupa untuk memberikan vitamin pada ikan. Hujan yang turun cukup deras akan menjadi masalah bagi pembudidaya ikan lele pemula. Jika sore kolam terkena hujan, esok harinya ikan lele bisa mati.

Kolam budidaya ikan lele yang tidak terlindungi penutup atau atap akan berpeluang lebih besar akan masuknya air hujan. Oleh karena itu, Anda harus menyiasatinya dengan menggunakan penutup atau atap. Ada beberapa atap untuk menutup kolam agar tidak terkena air hujan. Anda dapat memakai plastik transparan agar air hujan tidak masuk tetapi sinar matahari tetap bisa menembus kolam. Ini karena dalam budidaya ikan lele, tanpa matahari ikan tidak akan berkembang maksimal.

Sebaiknya, bahan penutup kolam diperhitungkan terlebih dahulu biayanya. Penutup berbahan seng fiberglass sama juga fungsinya dengan plastik transparan. Hanya mungkin keawetanya akan lebih tahan lama. Namun, biaya yang dibutuhkan untuk membuat seng fiberglass juga akan lebih mahal. Sementara itu, dengan menggunakan plastik transparan biayanya cukup terjangkau.

Sering mengganti air kolam merupakan salah satu upaya pencegahan untuk membuang asam air hujan. Penggantian air kolam dengan cara membuang bagian permukaan kolam kurang lebih 10 cm. Lalu, ganti air dengan yang baru seperti semula. Pergantian air bukan dari dasar, melainkan dari atas yang berfungsi membuang air hujan. Para pembudidaya lele menyakini dengan membuang 10 cm air kolam akan membebaskan dari keasaman air hujan.

Baca Juga:  Ternyata Ini yang Menyebabkan Ikan Jadi Beracun!

Curah hujan yang tinggi akan menimbulkan banyak penyakit pada ikan lele. Ini karena ikan lele dalam posisi keasaman tinggi akan lemah dan nafsu makannya berkurang. Kondisi tersebut akan mengakibatkan ikan gampang sekali terserang penyakit. Biasanya, penyakit yang menyerang adalah jamur dan akan menimbulkan kematian.

Tingkat keasaman tinggi akibat air hujan akan sering ditemui oleh pembudidaya ikan lele. Terutama, para pembudidaya yang bergerak dalam sektor pembenihan dan pembesaran yang menggunakan kolam beton. Untuk mengantisipasi, Anda dapat melakukan penebaran kapur dolomite/zeolit dengan dosis 500 kg/hektare. Pemberian kapur ini agar tingkat keasaman air hujan menjadi netral.

loading...
loading...