Inilah Fakta Ilmiah Pisang


Pertanianku – Pisang berasal dari Asia Tenggara, buah tropis yang tersedia sepanjang tahun. Semua orang pun mengenalnya karena mudah diperoleh, baik di toko buah pinggir jalan maupun di supermarket. Buah ini termasuk mudah ditanam dan gampang perawatannya.

Buah muda ada yang hijau muda, hijau tua atau kemerah-merahan. Buah masak ada yang kuning muda, kuning tua, kemerah-merahan, hijau kuning dan hijau. Bentuk buah ada yang bengkok, bentuk silinder, bersudut. Pisang berbunga dan berbuah hanya sekali, setelah itu mati.

Berikut fakta Ilmiah Pisang:

* Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung pisang batu yang diberikan pada tikus setelah diberi aspirin dapat mencegah timbulnya tukak lambung (ulkus peptik). Hal tersebut bisa terjadi akibat meningkatnya sekresi lendir (mukus) di lambung.

* Menurut survei yang dilakukan oleh MIND di antara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung triptofan, sejenis asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dikenal untuk membuat rileks, memperbaiki mood dan secara umum membuat tubuh merasa lebih baik.

* Penelitian yang dilakukan oleh University of California dan Harvard Medical School menunjukkan bahwa gejala depresi dapat diatasi dengan mengubah pola diet. Penelitian ini pun dibuktikan dengan melibatkan anak-anak yang jarang makan sarapan. Anak-anak ini cenderung menjadi lebih hiperaktif, mudah cemas dan depresi. Seperti dilansir www.livestrong.com, beberapa dokter menemukan bahwa kandungan nutrisi dalam pisang membantu meringankan gangguan mood dan depresi, juga mencegah dan mengatasi gangguan sistem saraf pusat. Secara biologis, depresi berat bisa diatasi dengan sejumlah nutrisi seperti vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, dan mineral.

* Umumnya perubahan suasana hati, pusing dan kebingungan terjadi karena kekurangan asupan vitamin B. Menurut Biological Psychiatry, obat anti depresi tidak akan bekerja jika kekurangan asupan zat gizi termasuk vitamin B, yang ada di dalam pisang.

Baca Juga:  Ini Dia Buah Paling Mahal di Dunia, Tertarik Mencoba?

* Dalam Journal of Human Nutrition and Dietetics, juga disebutkan jikakekurangan asupan vitamin B6, asam folat dan vitamin B12 dapatmenyebabkan penyakit neurologis atau kejiwaan. Karena itulah perlu konsumsi pisang yang menyediakan sekitar 27 mikrogram asam folat.

* Pisang baik untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.Food and Drug Administration Amerika Serikat menyebut pisangsebagai sumber kalium (350 mg) dan rendah natrium (140 mg) yang ampuh mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke. Pisang juga rendah lemak jenuh dan kolesterol. Sementara KementerianKesehatan AS merekomendasikan 3,5 g kalium per hari guna mereduksi risiko serangan stroke. Setidaknya mengonsumsi sebuah pisang per hari terutama bagi para lansia.

 

Sumber: Buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit

loading...
loading...