Inilah Fakta Ilmiah Semangka


    Pertanianku – Semangka berasal dari daerah tropis dan subtropis Afrika. Buah ini termasuk populer karena mudah dijumpai di toko buah. Bahkan, tersedia sepanjang tahun. Selain cita rasanya yang lezat, harga buah ini terjangkau sehingga banyak diminati orang sebagai buah meja.

    Semangka memiliki kulit buah dan daging yang tebal, licin, warna hijau tua, kuning agak putih, atau hijau muda bergaris-garis putih. Buah berbentuk bola sampai bulat memanjang, ukurannya bervariasi dengan panjang 20—30 cm, diameter 15—20 cm, dan berat 4—10 kg. Daging buah berwarna merah, merah muda, jingga, kuning, bahkan ada yang putih. Biji berbentuk memanjang, pipih, berwarna hitam, putih, kuning, atau cokelat kemerahan. Ada juga semangka yang tanpa biji.

    Berikut fakta ilmiah dari Semangka

    * Kadar likopen semangka cukup tinggi sehingga dapat mengurangi risiko kanker prostat.

    * Pada pengobatan tradisional Cina, semangka digunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan berkeringat banyak, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin kuning tua, diare, dan mudah marah.

    * Pada percobaan yang dilakukan Institut Sains di New Delhi, India, 30 orang pria tidak subur berusia 23—45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan menunjukkan peningkatan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma. Dari 30 responden tersebut, di antaranya berhasil menghamili istrinya.

    * Selain menurunkan risiko cacat lahir pada bayi, asam folat juga menurunkan risiko timbulnya polip, yaitu prakanker yang tumbuh di usus besar dan suatu saat bisa berubah menjadi kanker kolon. Peneliti di Fakultas Kedokteran Harvard membuktikan, kecukupan asam folat dapat meminimalkan risiko polip di usus besar sebanyak 33%.

    Baca Juga:  Hallerbos, Hutan yang Tampak Seperti di Negeri Dongeng

    * Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang berperan dalam kemampuan ereksi pada pria. Sitrulin mudah diserap tubuh sehingga konsentrasi maksimum di dalamdarah lebih mudah dicapai.

    * Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi sepotong semangka setiap hari bisa menghindarkan orang dari serangan jantung. Konsumsi semangka per hari dapat menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung. Konsumsi semangka secara teratur itu juga dapat mengendalikan berat badan.

     

    Sumber: Buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit

    loading...
    loading...