Inilah Fakta Tentang Kurma


 

Pertanianku – Kurma dihasilkan dari pohon palem sejenis kelapa yang tingginya mencapai 100 kaki. Buahnya berkumpul dalam tandan yang berisi sampai 200 buah dengan berat 12—15 kg, rasanya manis, berdaging, bentuknya lonjong, warnanya merah atau cokelat kekuningan.

Inilah Fakta Tentang Kurma

Di Arab, kurma dimakan segar atau dikeringkan dan dikonsumsi bersama sirup, permen, es krim, salad, atau produk susu untuk meningkatkan kandungan proteinnya. Kurma segar diklasifikasikan sebagai ”lembut”, setengah lembut”, dan ”kering”, tergantung dari kelembapannya. Varietas ”kering” relatif sedikit lembap bila masak.

  • Kandungan Nutrisi & Zat Berkhasiat

Kurma mengandung karbohidrat sederhana sehingga mudah dicerna karena kandungan gulanya berkisar 60%—70%. Kandungan gula pada banyak varietas kurma umumnya Kurma kaya serat dan bermanfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol dan glukosa. glukosa atau fruktosa. Namun, varietas yang tumbuh di Amerika, yaitu Deglet Noor, mengandung sukrosa. Satu buah kurma tanpa biji mengandung 23 kalori.

Kurma sumber serat. Setiap 100 g kurma mengandung 8 g serat. Serat kurma adalah serat larut (soluble fiber) tipe khusus, yaitu beta-D-glucan yang mengurangi penyerapan kolesterol dan memperlambat penyerapan glukosa di usus halus sehingga menjaga kadar glukosa darah. Beta-D-glucan juga mampu menahan air sehingga tinja menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Serat larut juga lebih lambat dikeluarkan dari saluran cerna dibanding serat tidak larut (insoluble fiber). Hal ini menguntungkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena pengosongan makanan di lambung dan rasa kenyang bertahan lebih lama.

Kurma juga sumber vitamin (niasin, B6, riboflavin, thiamine, dan asam pantotenat), mineral (tembaga, kalium, mangan, magnesium, zat besi, dan fosfor), asam folat, dan trace mineral (zink, selenium). Dalam ukuran yang sama, kurma mengandung kalium 260% lebih banyak dari jeruk dan 64% dari nanas. Namun, kalori yang dihasilkan kurma juga lebih banyak 60% daripada kedua buah tersebut. Kurma termasuk makanan yang mempunyai efek basa (alkalin).

Baca Juga:  Memilih Pisang Jangan Sembarangan, Begini Caranya

 

Sumber: Buku Fakta Ilmiah Buah dan Sayur

loading...
loading...