Inilah Faktor Kenapa Kakao Lebih Unggul Ketimbang Kopi


Pertanianku – Kakao merupakan salah satu tanaman industri yang dapat diolah menjadi cokelat. Di Indonesia sendiri kebun kakao sangat banyak. Kebanyakan kakao dibudidayakan skala indutri. Indonesia juga salah satu negara yang selalu mengekspor kakao karena produksinya sangat banyak. Namun, belum lama ini terdapat klon baru kakao unggul.

Setelah diluncurkan minggu lalu oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka) Jember, kakao klon super yang merupakan tanaman penghasil cokelat itu semakin digandrungi pekebun.

Keunggulan klon kakao baru tersebut terdapat pada perakarannya yang banyak, relatif tahan terhadap kondisi kering, dan dapat mencegah longsor di areal tanah berkontur miring.

Varietas kopi baru juga telah ditemukan, yakni kopi super yang merupakan persilangan klon koleksi di Puslit Koka, yaitu kopi klon quilo yang tahan hama dan klon dari kopi robusta BP-409 yang memiliki tingkat kemasaman rendah.

“Kendati dua tanaman itu telah ditemukan klon barunya, tetapi kakao memiliki beberapa kelebihan ketimbang kopi. Kakao itu dapat berbuah sepanjang tahun, sedangkan kopi berbuah setahun sekali. Karena itu, komoditas perkebunan ini akan memberi penghasilan setiap minggu bagi petani,” jelas Sudarsianto, pemulia kopi dan kakao di Puslit Koka Jember.

loading...
loading...