Inilah Faktor Penyebab Tanaman Anggrek Rajin Berbunga


Pertanianku Tanaman anggrek menjadi salah satu bunga yang paling indah di dunia ini. Banyak orang yang menyukai bentuk dan warna bunga ini. Maka, tak heran kalau bunga ini biasa dijadikan sebagai tanaman hias karena keindahannya. Bunga ini sangat cocok hidup di iklim Indonesia yang tropis. Anda bisa memajang tanaman anggrek di dalam atau di luar rumah.

tanaman anggrek
Pixabay

Nah, ternyata, bunga anggrek ini memiliki banyak jenis. Di antaranya ada anggrek merah, anggrek hitam, anggrek papua, anggrek macan, dan yang paling terkenal adalah anggrek bulan.

Tahukah Anda? Indonesia dikenal dengan surganya anggrek. Ada lebih dari 300 jenis anggrek yang ada di tanah air. Bayangkan kalau semuanya ada di halaman rumah kita, pasti sangat indah. Menariknya ternyata merawat anggrek tidak begitu sulit.

Nah, setelah merawatnya, tentu Anda ingin agar tanaman tersebut cepat mengeluarkan bunga. Anda perlu memerhatikan faktor berikut ini agar cepat melihat tanaman anggrek yang Anda rawat berbunga dengan indah.

  1. Media tanam

Supaya tanaman anggrek rajin berbunga, gunakan media tanam yang tepat. Biasanya, media tanam yang digunakan adalah perpaduan antara potongan batu bata atau genteng dan bekas tanaman pakis. Perbandingan yang digunakan adalah 1/3 bagian bawah adalah potongan bata. Sementara, 2/3 bagian atasnya diisi tanaman pakis.

  1. Pemilihan pot

Pemilihan pot ternyata juga berpengaruh terhadap rajin tidaknya anggrek berbunga. Dalam hal ini, penggunaan pot berbahan tanah liat sangat dianjurkan, terutama pot yang memiliki banyak lubang.

  1. Rumah lindung

Walaupun anggrek suka terhadap sinar matahari, tapi intensitasnya harus dibatasi. Sebaiknya anggrek diletakkan dalam ruangan lindung yang intensitas cahayanya sekitar 50—70%. Anda bisa menggunakan paranet untuk membuat rumah lindung tanaman anggrek.

  1. Penyiraman
Baca Juga:  Manfaat Bunga Cempaka untuk Atasi Berbagai Penyakit

Perlu Anda ketahui, tanaman juga sangat membutuhkan air seperti manusia. Perhatikan waktu penyiraman pada tanaman anggrek. Siram tanaman sebanyak dua kali sehari jika cuaca panas. Waktu yang baik untuk melakukan penyiraman, yaitu antara jam 7—9 pagi dan jam 3—5 sore.

  1. Pemupukan

Pemberian pupuk juga penting Anda perhatikan agar anggrek jadi rajin berbunga. Berilah pupuk yang tinggi unsur hara. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan pupuk, yaitu lewat penyemprotan. Anda juga bisa memakai pupuk slow launching yang ditaburkan langsung ke media tanam.

  1. Pemberantasan hama

Salah satu faktor yang menyebabkan anggrek enggan berbunga ialah adanya kotoran, sampah daun, hama, dan gulma. Serangan penyakit juga dapat menghambat pertumbuhan bunga pada tanaman anggrek. Untuk itu, sesekali Anda bisa memberikan pestisida pada tanaman anggrek.

Gunakan insektisida jika yang menyerang adalah serangga. Atau, Anda bisa memakai fungisida kalau tanaman anggrek terkena jamur.

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin merawat bunga anggrek agar rajin berbunga. Selamat mencoba!

loading...
loading...