Inilah Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Miselium Jamur


Pertanianku – Pertumbuhan miselium berlangsung dalam kondisi semi-anaerob sehingga oksigen tetap diperlukan walaupun dalam kadar yang rendah. Penurunan oksigen dalam nutrien dapat meningkatkan produksi miselium, tetapi bila tidak ada oksigen miselium jamur tidak dapat tumbuh.

Faktor

Oleh karena itu, bagian atas baglog media tanam untuk jamur tiram dilubangi dan diikat menggunakan cincin serta ditutup dengan kapas. Lubang tersebut berfungsi untuk tempat memasukan bibit sekaligus memberi sedikit aerasi yang memang dibutuhkan untuk pertumbuhan miselium bibit. Selain oksigen, pertumbuhan miselium juga dipengaruhi gas CO2. Pertumbuhan miselium jamur dapat diinduksi pada konsentrasi gas CO2 yang tinggi di udara (22—28%).

Jamur tiram termasuk cukup toleran dengan lingkungan CO2 tinggi, tetapi pertumbuhannya akan terhambat apabila kadar CO2 di udara melebihi 37,5%. Faktor lain yang sangat penting selama proses pertumbuhan miselium pada media tanam adalah viabilitas (daya hidup) kultur jamur. Penelitian pada Pleurotus flabelatus yang dikulturkan secara kontinu pada jerami padi menggunakan jamur yang telah berulang kali dipindahkan pada media PDA, menunjukkan hasil yang jelek. Hal ini karena glukosa dalam media PDA menyebabkan penurunan aktivitas untuk mendapatkan nutrien. Untuk menghindari hal ini, perlu dilakukan isolasi kultur spora tunggal sehingga viabilitasnya bisa dipertahankan.

 

 

Sumber: Buku Bisnis Bibit Jamur Tiram

 

Baca Juga:  Terungkap Alasan Tidak Adanya Brokoli dalam Kemasan Kaleng
loading...
loading...