Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menanam Stroberi

Pertaninaku – Berdasarkan penelitian dari University Essex dan Westminster, berkebun dua kali seminggu bisa meningkatkan mood orang-orang yang tengah dilanda stres. Rasa lelah pun hilang ketika mata melihat segarnya pemandangan hijau. Jika Anda tak memiliki pekarangan yang cukup luas untuk berkebun, Anda bisa menyiasatinya dengan menanam tumbuhan dalam pot.

Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menanam Stroberi

Salah satu tanaman buah yang akan tampak cantik saat tiba masa panen adalah stroberi. Buah berwarna merah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mencegah penyakit jantung. Kandungan flavanoid dalam stroberi bisa melebarkan pembuluh darah dengan melawan penumpukan lemak yang biasanya menyumbat arteri koroner di jantung.

Individu yang sering mengonsumsi stroberi dan blueberry dalam seminggu, risiko penyakit kardiovaskularnya turun hingga 32%, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Bagaimana cara berkebun stroberi yang baik? Berikut tipsnya.

  1. Tanam stroberi di cuaca yang tepat

Diperlukan hingga 30 hari sebelum Anda bisa memanen stroberi. Suhu ideal untuk menanam buah ini adalah 70–80 derajat fahrenheit di siang hari dan sekitar 60–65 derajat fahrenheit di malam hari. Stroberi membutuhkan enam hingga 10 jam cahaya matahari langsung. Jadi, letakkan pot-pot stroberi Anda di lokasi yang strategis.

  1. Jangan menanamnya bersama tomat, paprika, atau terong

Hindari menanam stroberi dengan tomat, paprika, terong, brokoli, kale, dan kubis. Menanam buah di samping buah atau sayuran lainnya sama saja dengan mengubahnya mejadi pengontrol hama secara alami dan meningkatkan kemungkinan gagal panen.

  1. Buat komposit

Pastikan Anda membuat komposit di tanah sebelum mulai menanam stroberi. Buah satu ini menyukai tanah yang sedikit asam.

  1. Tanam di pot besar

Stroberi memerlukan ruang untuk bertumbuh, jadi pastikan ada ruang cukup untuknya berkembang.

  1. Jangan kubur bagian akar stroberi
Baca Juga:  Jangan Dibuang! Ubah Sabut Kelapa Menjadi Produk yang Menguntungkan

Sebaiknya jangan timbun bagian akar dengan tanah karena akan membuat tumbuhan itu membusuk.

  1. Pastikan membuang daun yang cokelat

Sangat penting membuang bagian daun yang kering, kecokelatan, terutama yang tumbuh di dekat dasar tumbuhan yang menjuntai ke tanah. Juga pastikan untuk menjaga tanaman ini dari rumput liar yang tumbuh di sekitarnya jika Anda berkebun stroberi di lahan pekarangan.


loading...