Inilah Jenis-jenis Ikan Mas Koki yang Sering Diburu


Pertanianku — Para pecinta ikan hias, sudah tahu jenis-jenis ikan mas koki yang sering diburu? Mas koki salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara.

jenis-jenis ikan mas koki
Shutterstock

Ikan ini biasanya dipelihara untuk diikutsertakan pada kontes keindahan warna. Maka, tak heran jika sekarang ini banyak sekali yang merawat dan mencarinya dengan harga termahal sekalipun.

Berikut ini daftar jenis ikan mas koki yang sering diperjualbelikan di toko ikan hias, baik dari budidaya lokal maupun internasional.

Ikan mas koki kaliko

Bentuk tubuh ikan mas koki kaliko agak bundar dan memiliki kepala yang relatif kecil dengan mulut sedikit runcing. Selain itu, sirip ekor dan sirip punggungnya cukup panjang. Ciri khas dari kaliko yang sangat digemari terdiri atas kombinasi warna pada tubuhnya yang menarik, yaitu hitam, putih, kuning emas, dan merah.

Ikan mas koki lion head

Tubuh ikan ini agak gemuk, pendek, dan sedikit bungkuk. Sirip pada dada, perut dan ekor relatif pendek. Dia memiliki jambul berwarna oranye di puncak kepala sehingga tampak seperti singa.

Ikan mas koki sisik mutiara

Ikan mas koki mutiara dijuluki dengan pearl scale dengan alasan lebih universal. Tubuhnya agak bulat seperti bola tenis dan bermotif bintk-bintik seperti mutiara. Sementara, warnanya bervariasi dari putih kemerahan hingga kuning keemasan. Namun pada umumnya, warna tersebut merupakan paduan dari dua warna atau lebih.

Ikan ini terbagi atas dua tipe. Pertama, ikan mas koki berjambul dan biasa disebut mutiara berjambul. Lalu, yang kedua ialah ikan mas koki tidak berjambul atau dikenal dengan sebutan koki bola pingpong.

Ikan mas koki sukiyu

Sukiyu sering disebut juga dengan pompon oleh pengusaha ataupun konsumen ikan hias. Bentuk tubuhnya agak mirip dengan lion head. Namun yang membedakan sukiyu dengan yang lainnya, yaitu adanya jaringan seperti lumut di hidung menyerupai kumis.

Baca Juga:  Ahli Ungkap Kenapa Ikan Laut Dalam Bisa Lebih Hitam

Ikan mas koki ranchu

Secara sepintas ikan mas koki ini mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan lion head. Perbedaannya ialah permukaan tubuh yang sedikit lengkung dan jambul yang lebih luas mencapai pipinya. Beberapa pedagang sering menyebutnya sebagai salah satu varian dari lion head.

Ikan mas koki red head (kepala merah)

Pembudidaya ikan hias lebih mengenalnya dengan julukan resket. Bentuk tubuhnya seperti lion head dengan tubuh berwarna putih dan jambul merah. Namun, jambul ini tidak sebanyak yang dimiliki oleh lion head.

Ikan mas koki spencer

Di luar negeri, ikan ini lebih dikenal dengan nama oranda. Tubuhnya nyaris tidak berbeda dengan lion head. Bahkan, sebagian besar pengusaha dan penggemar ikan hias menganggap lion head merupakan perkembangan dari jenis spencer ini. Jambulnya berwarna oranye sampai merah, sedangkan tubuhnya kuning keemasan.

loading...
loading...