Inilah Jenis Sapi yang Banyak Dipilih untuk Hewan Kurban

Pertanianku – Beberapa orang akan mempertimbangkan dalam memilih sapi kurban yang akan dipotong saat Idul Adha. Ada beberapa jenis sapi yang banyak dipilih untuk dijadikan hewan kurban. Berikut jenis-jenis sapi dimaksud.

Inilah Jenis Sapi yang Banyak Dipilih untuk Hewan Kurban

  1. Sapi bali. Orang memilih sapi bali karena kualitas dagingnya bagus dan karkas dagingnya banyak. Selain itu, harga sapi bali cukup terjangkau untuk kalangan menengah. Beratnya pun sesuai dengan harga jualnya, berkisar 300—400 kg.
  2. Sapi peranakan onggole atau sapi jawa. Ciri warna sapi ini adalah putih sehingga menjadi pilihan karena sesuai dengan sunah Rasul: “Berqurbanlah dengan hewan memiliki kulit berwarnanya putih, juga memiliki gelambir dan punuk yang tinggi sehingga terkesan gagah”. Berat sapi jawa mulai 250—600 kg.
  3. Sapi persilangan jenis limousin. Sebagian masyarakat memilih sapi jenis ini pertimbangannya karena bentuknya tinggi, besar, dan panjang. Selain gagah, dagingnya banyak. Kalangan masyarakat menengah ke atas, terutama pejabat dan pengusaha, biasanya memilih sapi jenis limousin dan seimental ini sebagai hewan kurban. Berat sapi jenis ini rata-rata di atas 500kg, bahkan jenis persilangan murni bobotnya bisa mencapai satu ton lebih.
  4. Sapi madura, sapi pesisir, dan sapi aceh di Sumatera. Sapi jenis ini bentuknya relatif kecil. Orang memilih sapi ini untuk berkurban karena pertimbangan harga yang terjangkau dan bobotnya pun berkisar 200—300 kg.

Itulah beberapa jenis sapi yang biasa dipilih untuk hewan kurban oleh masyarakat.

Loading...
Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare
Loading...
Loading...