Inilah Kandungan dan Manfaat Kiwi

 

Pertanianku – Kiwi berasal dari Cina, dikenal dengan nama yang tao dan sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu. Pada permulaan abad ke dua puluh, tanaman ini dibawa oleh para misionaris ke Selandia Baru dan dikembangkan di sana. Buah kiwi sekarang sudah mendunia, dihasilkan oleh beberapa negara seperti Selandia Baru, Amerika, Itali, Jepang, Perancis, Australia, dan Chili.

Inilah Kandungan dan Manfaat Kiwi

Loading...

Tanaman ini mempunyai bunga jantan dan betina yang berbeda pohon. Pohon kiwi jantan tidak menghasilkan buah, tapi digunakan sebagai dekorasi lansekap karena bunganya yang menarik. Warna kulit buah kiwi bervariasi; cokelat atau kuning tergantung varietas dan dilapisi rambut halus. Buah kiwi berukuran sebesar telur ayam, bagian dalam berdaging tebal berwarna hijau mengelilingi biji-biji kecil berwarna hitam yang dapat dimakan, rasanya manis dengan citarasa antara stroberi dan pisang.

  • Kandungan Nutrisi & Zat Berkhasiat

Buah kiwi sumber vitamin (C, E, A), mineral (kalium, magnesium, tembaga, fosfor), polisakarida, dan serat. Kiwi juga kaya antioksidan dan mengandung enzim yang serupa dengan papain di buah pepaya yang belum matang yang berfungsi mencerna protein dan dapat melunakkan daging.

  • Khasiat

Kiwi bermanfaat untuk menyehatkan saluran napas, mengatasi gangguan saluran napas seperti napas pendek, batuk malam hari, dan napas berbunyi karena penyempitan saluran napas (wheezing). Kandungan seratnya yang tinggi berkhasiat laksatif sehingga bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah rasa penuh di lambung setelah mengonsumsi banyak daging. Kadar vitamin C yang tinggi pada kiwi juga dapat mencegah kerusakan kolagen oleh radikal bebas sehingga mencegah keriput pada kulit. Kiwi juga merangsang pertumbuhan fibroblast sehingga struktur kulit menjadi lebih kuat. Kandungan polisakarida pada kiwi membantu menstimulasi pertumbuhan dan peremajaan sel kulit.

  • Cara Pemakaian
Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli

Kiwi bisa dihidangkan sebagai buah meja, dijus, dibuat salad, selai, dan sebagainya.

  • Penelitian & Fakta

Penelitian di Italia tengah dan utara pada anak-anak berusia 6—7 tahun yang diberikan buah kiwi atau jeruk lebih banyak dari anakanak lainnya, terdapat penurunan gangguan pernapasan seperti wheezing, napas pendek, dan batuk malam hari.

 

Sumber: Buku Fakta Ilmiah Buah dan Sayur

 

Loading...
Loading...