Inilah Kandungan dari Buah Sirsak


Pertanianku – Buah sirsak yang sudah masak akan mengeluarkan aroma khas yang segar. Aroma ini masih muncul walaupun sirsak sudah diolah menjadi berbagai makanan. Daging buah sirsak juga memiliki warna putih yang sangat stabil, walaupun sedang diolah.

Bagian Tanaman Sirsak yang Berkhasiat Obat

Buah sirsak mengandung 67% daging buah yang dapat dimakan, 20% kulit, 8,5% biji, dan 4% poros tengah buah dari berat keseluruhan buah. Kandungan gulanya sekitar 68% dari seluruh bagian padat daging buah. Sirsak merupakan sumber vitamin B1 yang jumlahnya 0,07 mg/100 g daging buah. Kandungan vitamin C dalam buah sirsak sekitar 20 mg/100 g daging buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9—93,6% dari kandungan gula total.

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g) sehingga baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 g daging buah. Sedangkan kebutuhan vitamin C per orang per hari sekitar 60 mg. Kebutuhan ini dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 g daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan penyedia antioksidan yang sangat baik sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masingmasing sebesar 27 mg dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak pada rendahnya kadar sodium (natrium) yang hanya sekitar 14 mg/100 g, tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/l00 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat baik untuk pencegahan penyakit hipertensi. Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/100 g daging buah. Kandungan serat yang tinggi ini sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Jengkol di Lahan Sempit

 

Sumber: Buku Ramuan dan Khasiat Sirsak